Batusangkar (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat menyerahkan dokumen kependudukan pengganti bagi korban banjir bandang dan lahar hujan yang melanda daerah itu.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanah Datar, Kartoni di Batusangkar, Selasa mengatakan dokumen pengganti yang diserahkan di antaranya Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan akta kelahiran seluruh anggota keluarga korban.
 
Sedangkan untuk korban yang dinyatakan meninggal, Dinas Dukcapil juga menerbitkan akta kematian atas nama korban yang bersangkutan.
 
Dia mengatakan, proses penerbitan dokumen kependudukan bagi korban banjir bandang bisa diajukan secara kolektif melalui petugas registrasi nagari dan datangi langsung kantor Dukcapil setempat.  
Sementara bagi warga yang memiliki telepon pintar atau smartphone bisa melaporkan sendiri secara online melalui link https://forms.gle/F8hC9MmmJdUKAqu4A.

"Dengan dokumen kependudukan yang diterbitkan tersebut diharapkan bisa membantu korban terdampak maupun keluarga korban yang meninggal untuk mengakses bantuan, baik pelayanan publik dan lain sebagainya," kata Kartoni.
 
Selain penyerahan dokumen pengganti kata dia, Dinas Dukcapil bersama Dharma Wanita Persatuan juga telah memberikan bantuan logistik kepada korban banjir bandang di Nagari Rambatan.
 
"Bantuan tersebut diharapkan turut meringankan duka korban terdampak dan diharapkan semua korban tabah menerima cobaan ini dan segera bangkit," ujar dia.*
 
Baca juga: Warga Tanah Datar tanami lahan bekas bencana dengan ubi
 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024