Jakarta (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memandang industri buy now pay later (BNPL) menunjukkan prospek cerah di masa depan seiring dengan terus meningkatnya popularitas metode pembayaran digital itu yang semakin diterima secara luas oleh masyarakat.

Hal itu juga mencerminkan kepercayaan yang semakin tinggi dari masyarakat terhadap pelayanan keuangan digital. Paylater menawarkan kemudahan dan fleksibilitas bagi konsumen, sehingga semakin banyak yang menggunakannya untuk berbagai kebutuhan.

“Di masa mendatang, kami meyakini paylater akan mendominasi pasar pembayaran digital, terutama dengan adanya inovasi dan kolaborasi yang terus berkembang antara penyedia layanan dan merchant,” kata Direktur Pengaturan Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK Irfan Sitanggang di Jakarta, Selasa.

Irfan mencatat, proporsi penggunaan paylater di Indonesia terus menunjukkan peningkatan yang signifikan. Dalam lima tahun terakhir, pengguna BNPL menunjukkan pertumbuhan yang cukup signifikan di dalam industri keuangan non-bank (IKNB) di mana konsumen saat ini cenderung mencari opsi pembayaran yang lebih fleksibel dan cepat sebagai opsi untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Pertumbuhan BNPL ditunjukkan oleh peningkatan kontrak yang signifikan selama lima tahun terakhir (2019-2023) dengan rata-rata peningkatan sebesar 144,35 persen secara tahunan (yoy). Irfan menyebutkan, kontrak pembiayaan BNPL pada perusahaan pembiayaan di Desember 2023 mencapai 79,92 juta kontrak atau tercatat naik sebesar 18,55 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Di balik pertumbuhan BNPL yang pesat, Irfan sekaligus mengimbau kepada masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan layanan pembayaran tersebut. Layanan ini memang dirancang untuk membantu pemenuhan berbagai kebutuhan sehari-hari dengan cara yang mudah dan fleksibel. Namun penggunaan yang tidak terkendali dapat meninggalkan risiko finansial yang tidak diinginkan.

Dengan pemahaman yang tepat, Irfan mengatakan bahwa BNPL dapat memberikan manfaat yang optimal dalam memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat tanpa menimbulkan beban finansial yang berlebihan yang akan menjadi masalah di kemudian hari.

“Jadi di balik kemudahan dan kecepatan yang kita dapatkan dari BNPL, ini harus disikapi dengan bijak. Jangan sampai menjadi masalah di kemudian hari bagi masyarakat,” kata Irfan.

Dia pun mengajak seluruh pelaku industri dan pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama menyebarkan edukasi terkait BNPL ini kepada masyarakat, terutama pada segmen masyarakat underserved atau unbanked dan kalangan anak muda.

“Oleh karena itu, edukasi yang terus dilakukan sangat penting untuk meningkatkan literasi keuangan digital sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai layanan dan produk keuangan digital dengan lebih bijak dan optimal,” kata Irfan.

Baca juga: Kredivo edukasi masyarakat bijak gunakan "paylater" dengan film pendek
Baca juga: OJK soroti pentingnya perlindungan data pribadi dalam “paylater”


Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2024