Balikpapan (ANTARA) -
Sebanyak 324 orang haji kelompok terbang (kloter) satu dari asrama haji Embarkasi Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, sudah tiba di tanah air dalam keadaan sehat.
 
"Kami bersyukur hari ini menyambut haji kloter satu asrama haji Embarkasi Kota Balikpapan dengan jumlah yang lengkap dalam kondisi sehat dan selamat," ujar Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik di Balikpapan, Selasa.
 
Pj Gubernur Akmal Malik menyambut 324 haji kloter.pertama itu, di auditorium Jabal Rahmah asrama haji Embarkasi Kota Balikpapan.
 
Jamaah haji lebih dari 25 hari pergi meninggalkan keluarga untuk menunaikan ibadah rukun Islam kelima, kata dia, diharapkan dapat mengamalkan ilmu dan ibadah yang dilakukan selama ibadah haji.
 
Akmal Malik juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh jamaah haji asrama haji Embarkasi Kota Balikpapan yang sudah menjadi duta yang membanggakan Kalimantan Timur.
 
"Asrama haji Embarkasi Kota Balikpapan pada tahun ini (2024) memberangkatkan 6.023 orang, terdiri atas 5.929 orang dan 94 petugas," jelas Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur Abdul Kahliq, juga Panitia Penyelengara Ibadah Haji (PPIH) setempat.
 
"Kloter satu yang tiba hari ini sebanyak 324 orang haji asal Kota Balikpapan," tambahnya.
 
Pesawat Airbus A340-313 dengan nomor penerbangan GA 4112 yang membawa jamaah haji kloter pertama dari Tanah Suci itu mendarat di Bandar Udara (Bandara) Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMS) Kota Balikpapan pada pukul 10:30 WITA.
 
Pesawat tersebut terbang dari Kota Madinah, Arab Saudi, Senin 24 Juni 2024 pukul 16:00 waktu setempat dan sempat terlambat keberangkatan satu jam, kata Abdul Kahliq.

Baca juga: Jamaah haji kloter 3 asal NTB tiba di kampung halaman
Baca juga: Bea Cukai Makassar periksa IMEI ponsel baru jamaah haji  
Baca juga: Komnas Haji nilai Garuda Indonesia tak profesional layani jamaah haji

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan/Muhammad Solih Januar
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2024