Jakarta (ANTARA) - Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menggelar 14 operasi survei bawah laut sepanjang 2024, termasuk di antaranya di perairan sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN).

Komandan Pushidrosal (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Budi Purwanto saat ditemui di Jakarta, Selasa, menjelaskan dari 14 operasi itu, 10 di antaranya pemetaan perairan dekat pesisir (coastal), sementara empat lainnya di perairan yang jauh dari pesisir, termasuk di wilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I, ALKI II, ALKI III.

Baca juga: KSAL: TNI AL koordinasi dengan Bappenas tambah anggaran Pushidrosal

Budi melanjutkan untuk pemetaan di perairan dekat pesisir, salah satunya yang ada di IKN.

“Kami kemarin ke sana konsentrasi untuk rencana 17 Agustus-an di IKN sehingga kami dari sisi hidrografi kami mendukung, karena waktu itu ada permintaan dari Mabes TNI, coba dipelajari kalau kita menggunakan kapal LPD sehingga kami survei ulang di wilayah IKN, kira-kira di dermaga mana, alur mana yang memungkinkan untuk menampung LPD,” kata Danpushidrosal.

Dari hasil pemetaan ulang perairan di dekat pesisir di IKN, Pushidrosal telah menentukan jalur dan daerah perairan yang aman untuk kapal berjenis LPD sandar ataupun lego jangkar.

Budi juga menjelaskan, Pushidrosal saat ini fokus memetakan perairan bawah laut wilayah ALKI, karena perairan itu merupakan jalur utama pelayaran termasuk untuk transportasi dan dagang.

Baca juga: Luhut soroti pentingnya Pushidrosal, usul anggaran diperbesar

“Itu adalah tanggung jawabnya Indonesia sebagai negara kepulauan. Jadi kami harus menyediakan (jalur pelayaran yang aman) di ALKI sehingga pada saat kami menyediakan jalan buat kapal-kapal lewat jangan sampai ada sesuatu terjadi,” kata Budi.

Danpushidrosal juga memastikan tahun ini Pushidrosal menunda ekspedisi laut dalam Jala Citra IV. Pushidrosal pada 2023 menggelar ekspedisi Jala Citra III di Flores dan Jala Citra II di Banda pada 2022.

“Untuk Jala Citra IV, sementara masih kami tunda, masih kami pelajari ulang karena terkait kesiapan kapal, sehingga tahun ini kami masih prioritas pada tugas utama Pushidrosal, kalau sudah datang kapal baru, tahun depan nanti kami akan alokasikan lagi,” kata Danpushidrosal.

Baca juga: Pushidrosal gelar latihan pemetaan dasar laut di perairan Jakarta

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Sambas
COPYRIGHT © ANTARA 2024