Balikpapan (ANTARA) -
Satu orang haji asal Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 14 dilaporkan wafat di Tanah Suci dan dimakamkan di Makkah, Arab Saudi.
 
"Seorang haji itu meninggal dunia saat di rawat di rumah sakit Arab Saudi dan telah dimakamkan di Makkah," jelas Kepala Seksi Haji Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Balikpapan Suharto Bajuri di Balikpapan, Selasa.
 
Informasi yang diterima, lanjut dia, haji yang meninggal itu atas nama Abdul Gafur warga Ring Road Sepinggan, Kota Balikpapan, yang berangkat ke Tanah Suci pada 14 Mei 2024 tergabung dalam kloter 14 dari asrama haji Embarkasi Kota Balikpapan.
 
"Saat ini, keluarga almarhum juga masih menjalankan ibadah haji di Arab Saudi tergabung kloter 14," tambahnya.
 
"Tetapi kami belum dapat laporan lengkap apa penyebab dari meninggalnya calon haji asal Kota Balikpapan itu," ujarnya.
 
Satu calon haji kloter 18 dari asrama haji Embarkasi Kota Balikpapan dilaporkan juga meninggal dunia di Tanah Suci dan dimakamkan di Makkah, ia menimpali lagi, tetapi belum mendapatkan laporan lengkap menyangkut penyebab dan asal daerah.
 
"Kami belum dapat laporan lengkap penyebab, identitas dan asal calon haji kloter 18 yang meninggal dunia itu," ucapnya.
 
Keluarga besar kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan mengucapkan belasungkawa yang mendalam semoga almarhum diterima di sisi Allah SWT.
 
Suharto Bajuri mengimbau para keluarga untuk tetap tabah dan dapat menerima kepergian almarhum.
 
"Jamaah haji asal Kota Balikpapan tergabung dalam kloter satu, 14 dan kloter 18," kata Kepala Bidang Penerimaan dan Keberangkatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) asrama haji Embarkasi Kota Balikpapan Normansyah.
 
Jumlah calon haji pada kloter pertama sebanyak 324 orang yang didampingi 6 petugas haji sedangkan pada dua kloter lainnya jamaah Kota Balikpapan bergabung dengan jamaah dari Kabupaten Paser dan Penajam Paser Utara, Kota Bontang dan Samarinda, serta Provinsi Sulawesi Tengah, jelasnya.

Baca juga: Satu lagi haji Trenggalek meninggal setelah thowaf di Tanah Suci
Baca juga: Kemenag Kota Bogor pastikan pemakaman haji berjalan baik
Baca juga: Jumlah haji Indonesia wafat di fase Armuzna turun dibanding tahun lalu

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan/Muhammad Solih Januar
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2024