Jakarta (ANTARA) - Timnas Inggris, Timnas Denmark dan Timnas Slovenia dipastikan melaju ke babak 16 besar Euro 2024 setelah menempati peringkat satu hingga tiga klasemen akhir Grup C.
 
Pada pertandingan terakhir Grup C, Inggris ditahan imbang Slovenia tanpa gol di Stadion RheinEnergie, Cologne, Rabu dini hari WIB, dan The Three Lions menempati peringkat pertama klasemen akhir Grup C.
 
Inggris tercatat melaju ke babak 16 besar dengan status juara Grup C dengan lima poin dari tiga pertandingan, sedangkan Slovenia menempati peringkat ketiga dengan tiga poin.
 
Skuad asuhan Gareth Southgate selanjutnya akan menghadapi peringkat ketiga terbaik dari Grup D atau Grup E pada babak 16 besar di Stadion Veltins-Arena, Schalke, Minggu (30/6) pukul 23.00 WIB.
 
Selanjutnya pertandingan tanpa gol juga terjadi pada laga Denmark menghadapi Serbia di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Rabu dini hari WIB.

Baca juga: Inggris puncaki klasemen akhir Grup C meski ditahan imbang Slovenia
Baca juga: Denmark melaju ke babak 16 besar setelah ditahan imbang Serbia 0-0
 
Meski hanya mampu bermain imbang tanpa gol, Denmark melaju ke babak 16 besar dengan status runner-up Grup C dengan torehan tiga poin dari tiga pertandingan.
 
Di sisi lain, Serbia dipastikan tersingkir dari ajang Euro 2024 karena menempati posisi juru kunci Grup C, menyusul Skotlandia, Albania dan Kroasia yang sudah lebih dulu dipastikan pulang.
 
Selanjutnya Denmark akan menghadapi juara Grup A Jerman pada babak 16 besar di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Minggu (30/6) pukul 02.00 WIB.
 
Sementara itu, peringkat ketiga dari Grup C yaitu Slovenia dijadwalkan akan menghadapi peringkat pertama Grup E atau Portugal pada babak 16 besar di Stadion Deutsche Bank Park, Frankfurt, Selasa (2/7) pukul 02.00 WIB.

Baca juga: Austria lolos 16 besar sebagai juara Grup D usai kalahkan Belanda 3-2
 
Satu fakta menarik pada klasemen akhir Grup C, Denmark berhak menempati peringkat kedua dibanding Slovenia yang harus berada di posisi ketiga, meski dari jumlah poin, selisih gol, agresivitas gol hingga nilai kedisiplinan, kedua negara memiliki angka yang sama.
 
Mengacu pada regulasi UEFA, jika terdapat kasus seperti ini, penentuan negara yang menempati peringkat terbaik, akan ditentukan oleh peringkat keseluruhan pada babak kualifikasi Euro 2024.
 
Menurut klasemen keseluruhan kualifikasi Euro 2024, Denmark tercatat menempati peringkat ke-9, sedangkan Slovenia berada di posisi 15 dan hal ini membuat The Dynamites berhak atas peringkat kedua klasemen akhir Grup C putaran final Euro 2024.
 
Berikut klasemen akhir Grup C Euro 2024, berdasarkan laman resmi UEFA:
 
No Negara Main SG Poin
1 Inggris 3 1 5
2 Denmark 3 0 3
3 Slovenia 3 0 3
4 Serbia 3 -1 2

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024