Beijing (ANTARA/PRNewswire)- Artikel berita dari China Daily:

Para kontestan dari sejumlah negara dan wilayah unjuk kebolehan dalam ajang  "Belt and Road International Skills Competition" edisi kedua yang berlangsung di Chongqing, Tiongkok Barat Daya, pada Senin hingga Rabu lalu.

Ajang ini terdiri atas 18 kategori kompetisi, dan 11 di antaranya menjadi bagian dari "WorldSkills Competition", kompetisi pendidikan dan kejuruan tingkat tinggi. Beberapa di antara 11 kategori ini adalah Digital Construction, Electronics, Information Network Cabling, dan Hairdressing.

Sementara, tujuh kategori lain adalah Automobile Technology (New Energy), Rail Signal Control Technology, Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Maintenance, Industrial Robot System Operation, Internet of Things (IoT) Installation, serta Debugging, Coffee Making, serta Internet Marketing.

Kompetisi ini menarik perhatian luas, serta melibatkan partisipasi dari sejumlah negara dan wilayah di seluruh dunia. Dibandingkan edisi pertama yang digelar di Chongqing pada 2019, edisi tahun ini memiliki persyaratan yang lebih ketat, skala yang lebih luas, pengaruh yang besar, serta rangkaian kegiatan yang lebih beraneka ragam.

Menurut statistik, 590 peserta lomba yang menguasai keahlian dari 61 negara dan wilayah berpartisipasi dan saling belajar di ajang ini, termasuk 190 kompetitor, 183 juri, dan 30 penerjemah. Beberapa negara yang terlibat bahkan menugaskan pejabat pada level kementerian dan pengamat teknis untuk mengobservasi dan mempelajari kompetisi tersebut.

Seluruh kompetitor pada kategori Electrical Installations dan Automobile Technology (New Energy) adalah kaum pria, sedangkan semua kompetitor pada kategori Beauty Therapy mencakup kaum perempuan. Lebih lagi, porsi kompetitor perempuan tercatat lebih dari dua per tiga jumlah kontestan pada kategori Hairdressing.

Dari sisi usia, usia rata-rata kompetitor mencapai 22 tahun. Sementara, kompetitor berusia 30 dan di bawahnya mencapai lebih dari 95% dari total kompetitor. Kompetitor berusia 20 dan di bawahnya mencapai lebih dari 40%. Peserta dengan usia termuda adalah 15 tahun yang mengikuti kategori Industrial Robot System Operation.

Sesi pembukaan acara berlangsung pada Senin malam, diikuti sederet kompetisi pada Selasa dan Rabu. Sesi penutupan acara diadakan pada Rabu malam sekaligus sesi penyerahan penghargaan kepada para pemenang.

Selain 18 kategori kompetisi formal, rangkaian aktivitas lain turut digelar, seperti dialog, tur kota dan pertunjukan, kunjungan dan pertukaran di antara tim yang berpartisipasi, serta pameran yang mempromosikan kerja sama, peresmian kerja sama, serta fase komersialisasi dari hasil kompetisi. Dengan demikian, ajang ini menjadi "karnaval" keahlian yang menarik, melibatkan pengalaman, serta interaksi.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024