Jakarta (ANTARA) - Meskipun ada rencana digitalisasi 40 juta bisnis UMKM Indonesia tahun ini, modernisasi tetaplah menjadi rintangan bagi banyak pebisnis UMKM dengan beragam tantangan, mulai dari geografis, infrastruktur, hingga kesenjangan keterampilan yang selalu ada.
 
Tantangan ini menghambat daya saing UMKM Indonesia di tingkat regional dan global. Kunci menuju modernisasi dalam lingkungan bisnis yang bergerak cepat seperti saat ini adalah dengan memungkinkan komunikasi dan kolaborasi kerja yang lancar.

Perkenalkan Zoho Workplace, rangkaian aplikasi office dan produktivitas terintegrasi yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi tim dengan alur kerja yang lebih teratur.

Zoho Workplace menawarkan harga khusus dalam mata uang Rupiah hanya bagi pasar Indonesia, sehingga secara signifikan mengurangi volatilitas nilai tukar.

Baik bisnis Anda masuk skala kecil maupun besar, Zoho Workplace menawarkan serangkaian aplikasi yang memenuhi semua kebutuhan profesional Anda.

Zoho Workplace Sebagai Solusi Produktivitas Kerja
Berikut adalah beberapa alasan mengapa Zoho Workplace menjadi solusi aplikasi office yang tepat bagi produktivitas alur kerja Anda.

Email Bisnis yang Aman dengan Zoho Mail
Zoho Mail adalah layanan hosting email yang aman dan bebas iklan sehingga memastikan komunikasi Anda tetap rahasia dan profesional. Selain itu, Zoho Mail dilengkapi dengan fitur robust calendar, advanced tasks, pengingat baru, dan konsol admin canggih dengan laporan yang disesuaikan.

Anda juga bisa mengkustomisasi alamat domain email bisnis dengan menggunakan Zoho Mail. Dengan domain kustom, tentunya komunikasi akan menjadi semakin terasa resmi dan brand Anda terlihat lebih meyakinkan.

Zoho Mail telah ditenagai oleh Zia, asisten AI dari Zoho. Zia akan membantu Anda menghasilkan konten email baru berdasarkan konteks yang diberikan, meringkas email di kotak masuk, dan menyarankan konten email secara otomatis saat mengetik di pembuat email.

Tuangkan Ide dan Kata ke Zoho Writer
Zoho Workplace juga dilengkapi dengan Writer yang bisa digunakan untuk membuka dan mengedit dokumen dari Word tanpa mengubah apapun. Anda juga bisa meyimpan dokumen Writer sebagai MS Word, pdf, dan format lainnya.

Writer juga dapat diintegrasikan dengan Blogger atau Wordpress perusahaan. Fitur ini akan memudahkan Anda untuk menulis dan mengunggah tulisan di halaman blog secara langsung.

Salah satu fitur lainnya yang akan memudahkan pekerjaan, yaitu Assign Workflow untuk proses peninjauan dan persetujuan (approval) suatu dokumen.

Olah dan Analisa Data dengan Zoho Sheet
Zoho Sheet adalah aplikasi spreadsheet yang memungkinkan banyak pengguna mengerjakan sebuah dokumen secara bersamaan.

Anda juga bisa mengolah data yang sangat kompleks dengan memvisualisasikannya menggunakan Tabel Pivot di Zoho Sheet. Di Zoho Sheet, Zia juga akan membantu Anda sebagai analis data pribadi Anda.

Presentasi yang Menarik dengan Zoho Show
Zoho Show adalah tools presentasi dengan beragam templat dan pilihan desain untuk membuat slide yang menarik. Anda bisa membuat desain sendiri ataupun memanfaatkan 20 tema dan 100 jenis font yang telah disediakan.

Apabila Anda sebelumnya menggunakan PowerPoint dan mulai beralih ke Zoho Show, Anda tetap bisa membuka dan mengedit file dengan format PPT dan PPTX tanpa hambatan.

Kelola Akses dan Bagikan File dengan Zoho WorkDrive
Zoho WorkDrive adalah sistem pengelolaan file yang memudahkan penyimpanan, berbagi, dan kolaborasi dokumen.

WorkDrive juga memiliki fitur pengatur akses yang bisa menentukan izin sesuai untuk anggota Folder Tim. Dengan fitur ini, Anda bisa berbagi hingga di tingkat subfolder dan memastikan setiap anggota memiliki akses yang dibutuhkan.

Apabila ingin membagikan dokumen ke pihak eksternal, Anda bisa mengamankan setiap dokumen dengan izin akses independen, kata sandi, dan tanggal kadaluarsa. Selain itu, Anda juga bisa mengaktifkan autentikasi OTP untuk kemanan ekstra file yang akan Anda bagikan ke eksternal.

Buat Pengumuman Internal dengan Zoho Connect
Zoho Connect adalah jaringan sosial internal untuk perusahaan yang memfasilitasi komunikasi dan kerja tim yang lebih baik. Zoho Connect memiliki banyak fitur yang akan membantu interaksi dan komunikasi, seperti company wall, pengumuman, feed, dan masih banyak lagi.

Kirim Pesan Instan antar Karyawan dengan Zoho Cliq
Pengguna Zoho Workplace juga dapat berkomunikasi melalui Cliq, ruang kerja digital mini yang andal dan mudah digunakan. Dengan menggunakan Cliq, Anda bisa melakukan percakapakan melalui chat, panggilan, dan panggilan video secara langsung.

Online Meeting dengan Zoho Meeting
Zoho Meeting adalah platform untuk mengadakan rapat online dan webinar dengan aman. Beberapa alasan untuk menggunakan Zoho Meeting adalah kemudahan penggunaan dan penskalaan, keamanan standar industri, dan alat rapat web yang interaktif.

Kerjasama Lebih Lancar dengan Aplikasi Office Besutan Zoho
Zoho Workplace terintegrasi secara mulus dengan aplikasi Zoho lainnya serta layanan pihak ketiga. Mulai dari CRM hingga tools manajemen proyek, Anda bisa menciptakan ekosistem digital terpadu yang meningkatkan produktivitas, menghubungkan data di berbagai platform berbeda, mengurangi redundansi, serta meningkatkan efisiensi.

Dengan harga eksklusif dalam mata uang Rupiah untuk pasar Indonesia, Zoho Workplace menawarkan harga yang kompetitif sehingga UMKM lokal tidak perlu memperhitungkan biaya tak terduga akibat fluktuasi mata uang.

Melalui keterjangkauan biaya, fitur kolaborasi yang ditingkatkan, serta operasi yang disederhanakan, Zoho Workplace memberdayakan UMKM Indonesia untuk tetap gesit dan ramping sehingga mereka dapat berkembang di era digital ini.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024