Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerja sama dengan Komite Penyelarasan Teknologi Informasi dan Komunikasi (KPTIK) dan didukung banyak komponen menggelar kompetisi jurnalis kebangsaan mahasiswa yang akan dimulai pada Agustus 2024.

Surat Keputusan (SK) Nomor 71 Tahun 2024 BNPT mengenai Tim Pelaksana Kompetisi Jurnalis Kebangsaan Mahasiswa juga telah resmi ditandatangani oleh Sekretaris Utama (Sestama) BNPT Bangbang Surono.

"Alhamdulillah, SK Tim Pelaksana Kompetisi Jurnalis Kebangsaan Mahasiswa sudah resmi ditandatangani oleh Sestama BNPT Bangbang Surono pada 7 Juni 2024. Saya selaku panitia siap bekerja maksimal untuk kesuksesan event peningkatan dan penguatan nilai-nilai kebangsaan pada mahasiswa ini," kata Ketua Umum KPTIK Dedi Yudianto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dalam SK tersebut, Dedi ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana dan Soegiharto Santoso sebagai Wakil Ketua Pelaksana I. Tim itu dibentuk untuk memastikan pelaksanaan kompetisi berjalan dengan lancar dan mencapai tujuannya dalam meningkatkan keterampilan jurnalistik di kalangan mahasiswa.

Sementara itu, Bangbang Surono sebagai Dewan Pengarah menyampaikan kompetisi tersebut merupakan bagian dari upaya BNPT untuk mendorong mahasiswa agar lebih kritis dan peka. Terutama, terkait isu-isu kebangsaan melalui karya jurnalistik yang berkualitas.

"Kami berharap kompetisi ini dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan jurnalistik. Mereka  bisa menyumbangkan pemikiran yang konstruktif bagi bangsa," ujarnya.

Penunjukan tim pelaksana yang kompeten, kata Bangbang, diharapkan bisa menyukseskan kompetisi jurnalis kebangsaan mahasiswa tersebut dan juga memberikan kontribusi positif bagi pengembangan jurnalistik di Indonesia.

"Kita doakan kegiatan kompetisi jurnalis kebangsaan mahasiswa berlangsung sukses dan tanpa kendala. Kita yakin agenda sosialisasi dan kampanye ruang kebangsaan ini bisa menguatkan nilai-nilai kebangsaan pada peserta," ucap Bangbang.

Kegiatan itu merupakan komitmen BNPT untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia SDM) yang unggul, khususnya di bidang jurnalistik serta upaya untuk memperkuat ketahanan nasional melalui media dan informasi.

Adapun, struktur lengkap tim pelaksana, yaitu Dewan Pengarah: Sestama BNPT Bangbang Surono, Penasihat: Deputi I Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Roedy Widodo, dan Penanggung Jawab: Plt. Kepala Biro Perencanaan, Hukum, dan Humas BNPT Iwan Dwi Susanto.

Untuk jajaran pelaksana, yakni Ketua Pelaksana Dedi Yudianto, Wakil Ketua Pelaksana I Soegiharto Santoso serta dibantu sekretaris, bendahara, kepala bidang, dan anggota panitia.

Adapun, untuk keterangan lebih lanjut mengenai pendaftaran dan pelaksanaan kompetisi akan diumumkan dalam waktu dekat.
 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2024