Mont-Saint-Guilbert, Belgia, (ANTARA/PRNewswire)- The Joint Stock Commercial Bank for Investment and Development of Vietnam (BIDV), bank terbesar di Vietnam berdasarkan aset ($72 miliar), memilih OpenWay dalam mempelopori proyek transformasi digitalnya. OpenWay adalah vendor terkemuka dalam teknologi pembayaran digital. Kerja sama ini menggantikan manajemen kartu dan sistem pembayaran BIDV menjadi platform perangkat lunak pembayaran digital Way4 terbaik milik OpenWay.

Proyek ini mengatasi masalah yang dialami sistem BIDV yang terfragmentasi, ketinggalan jaman dan juga kerumitan dalam mengelola berbagai aplikasi satelit. Untuk menghadirkan pengalaman pembayaran yang unggul dan layanan digital sepenuhnya bagi nasabah, BIDV berupaya memindahkan portofolio jutaan kartu, ribuan ATM, dan perangkat POS ke dalam infrastruktur yang lebih modern. Setelah berganti ke platform Way4, dengan cepat BIDV dapat meluncurkan produk inovatif, memangkas biaya, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan menghemat waktu dalam hal pengembangan.

Transformasi digital ini adalah bagian dari strategi BIDV yang lebih luas untuk menjadi lembaga keuangan terkemuka di Asia Tenggara dan juga menjadi bank dengan platform digital terbaik di Vietnam selambat-lambatnya tahun 2030. Transformasi ini akan menciptakan sistem pembayaran modern dan terpusat dengan open architecture, API yang komprehensif, dan kemampuan parameterisasi yang fleksibel. Tumpukan teknologi (technology stack) Way4 berperan penting dan dikenal dengan fungsionalitas pemrosesan pembayaran online secara menyeluruh maupun pendekatan yang mengutamakan digital dan berdasarkan aturan. Dengan menggunakan Way4, BIDV akan lebih fleksibel, mencapai keunggulan dalam operasional, dan mempercepat peluncuran produk maupun layanan digital.

Sistem baru ini akan memanfaatkan kemampuan Way4 Issuing, Acquiring, dan Switching, yang mengelola seluruh siklus hidup manajemen kartu dan pedagang. Termasuk pengelolaan akun, layanan bernilai tambah, pencegahan atas penipuan, penyelesaian sengketa, pemantauan kesehatan, ketersediaan tinggi, dan tokenisasi.

Kata CEO BIDV, Mr. Le Ngoc Lam: "Berinvestasi pada sistem pembayaran baru adalah bagian dari komitmen kami untuk menjadi bank ritel berbasis teknologi yang sepenuhnya digital. Kami sangat menghargai kemampuan dan pengalaman OpenWay di pasar CMS."

Kata Rudy Gunawan, Managing Director OpenWay Asia: "Kami berkomitmen untuk memastikan keberhasilan proyek ini dengan melibatkan para pakar regional dan global yang terbaik, dan para senior ahli kami yang memiliki pengalaman migrasi yang luas. Tim ahli kami akan mendukung BIDV melewati setiap tahapan proyek, dengan memastikan pelaksanaan yang sempurna dan sejalan dengan kebutuhan proyek."

Pencapaian penting ini menandai awal transformasi sistem pembayaran kartu BIDV, perjalanan yang penuh tantangan dan aspirasi. Kerja sama ini amat sangat penting untuk memanfaatkan kekuatan satu sama lain guna menyediakan solusi pembayaran yang unggul dan canggih bagi pelanggan.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024