Beijing (ANTARA) - Kementerian Perdagangan China pada Selasa (25/6) mengatakan bahwa tingkat digitalisasi di sektor-sektor bisnis negara itu terus meningkat tahun ini.

Menurut kementerian tersebut, aktivitas perdagangan elektronik (e-commerce) China sejak awal tahun ini telah memainkan peran positif dalam mendorong pemulihan konsumsi serta memperluas kerja sama ekonomi dan perdagangan internasional.

Dalam lima bulan pertama tahun ini, penjualan retail daring China mencapai 5,77 triliun yuan  atau sekitar 810,11 miliar dolar AS, mencerminkan kenaikan 12,4 persen dari tahun sebelumnya, kata kementerian tersebut, seraya menyatakan bahwa kegiatan promosi di sejumlah platform e-commerce daring seperti festival belanja "618" mendukung pertumbuhan penjualan retail.

China juga telah menandatangani nota kerja sama baru di bidang e-commerce dengan Serbia dan Bahrain, yang menambah jumlah negara mitra e-commerce Jalur Sutra menjadi 32 negara, menurut kementerian tersebut.

Pada kuartal pertama (Q1) 2024, proporsi e-commerce lintas batas dalam total platform ekspor naik menjadi 7,8 persen. Kegiatan e-commerce lintas batas berkontribusi lebih dari 1 poin persentase terhadap pertumbuhan ekspor dalam tiga bulan pertama tahun ini, demikian disampaikan kementerian itu. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
COPYRIGHT © ANTARA 2024