Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di platform media sosial Facebook menampilkan video dari TikTok yang memperlihatkan rumah mewah ambruk karena longsor. Dalam video tersebut, rumah tersebut diklaim milik Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Suhartoyo.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Rumah baru ketua MK...Suhartoyo ambrukkk..”

Namun, benarkah video rumah mewah Ketua MK Suhartoyo roboh tersebut?

 

Unggahan video yang diklaim rumah mewah ketua MK Suhartoyo roboh. Faktanya, video tersebut serupa dengan rumah mewah di Lampung yang roboh pada 2021. (Facebook)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, video tersebut serupa dengan unggahan YouTube Tribunnews yang berjudul “Detik-detik Rumah Mewah di Citraland Roboh karena Tanah Longsor, Timpa Kolam Ikan Siap Panen” pada Januari 2021. 

Dalam keterangannya, peristiwa longsor terjadi di Perumahan Citraland di Kelurahan Sumur Putri, Telukbetung, Bandar Lampung. Akibat peristiwa ini, dua rumah mewah di perumahan elit tersebut roboh.

Detik-detik peristiwa ini sempat terekam dalam video amatir warga yang kemudian beredar di media sosial. Musibah tanah longsor ini terjadi pada Selasa (26/1/2021) sekira pukul 11.00 WIB.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Hal itu lantaran rumah tersebut masih dalam tahap renovasi sehingga tidak ditempati.

Longsoran rumah tersebut juga mengakibatkan kolam ikan milik warga yang berada di bawahnya tertimbun. Padahal kolam ikan tersebut siap dipanen. Akibatnya warga mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah. Pihak perumahan Citraland menyatakan siap bertanggung jawab atas peristiwa tersebut.

Dengan demikian, klaim video rumah mewah ketua MK Suhartoyo roboh merupakan keliru.

Klaim: Video rumah mewah Ketua MK Suhartoyo roboh

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! MK putuskan Anies dan Ganjar tidak boleh calonkan diri jadi Presiden

Cek fakta: Hoaks! Video Sri Mulyani jelaskan utang negara pada sidang MK

Baca juga: Suhartoyo tegaskan hakim MK tak boleh cawe-cawe pembuktian di PHPU

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
COPYRIGHT © ANTARA 2024