Sungailiat (ANTARA) - Seorang haji kelompok terbang (kloter) 04 PLM asal Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung atas nama Mascik Thalib (65) terpaksa ditunda kepulangannya ke Tanah Air karena sakit.

"Mascik Thalib asal Desa Sempan, Kecamatan Pemali terpaksa ditunda kepulangannya, karena yang bersangkutan sakit dan masih menjalani perawatan kesehatan di Rumah Sakit Jeddah," kata Panitia Pemberangkatan Jamaah Kantor Kemenag Kabupaten Bangka Gazali di Sungailiat, Rabu.

Baca juga: Jamaah haji Bangka bersiap kembali ke Tanah Air, tiba Rabu dini hari

Ia mengatakan yang bersangkutan akan dipulangkan ke Tanah Air bersama kloter yang lain setelah dinyatakan sehat oleh petugas kesehatan di rumah sakit itu.

Sedangkan 149 haji kloter 04 PLM, kata dia, sudah tiba di Tanah Air atau Debarkasi Palembang, Sumatera Selatan pada pagi hari ini dari Jeddah.

"Dari Debarkasi Palembang, jamaah haji melanjutkan penerbangan ke Bandara Depati Amir Kota Pangkalpinang dalam tiga penerbangan, yakni pukul 05.00, 05.15 dan pukul 05.25 WIB," katanya.

Ia mengatakan dari bandara domestik Kota Pangkalpinang terbut, jamaah berkumpul di asrama haji untuk menunggu jemputan dari pihak keluarga.

"Saat ini jamaah haji kloter 04 PLM sudah dijemput keluarga dan kembali ke rumah masing-masing," ujarnya.

Baca juga: Seorang calon haji asal Bangka meninggal dunia di Makkah

Baca juga: Calon haji Bangka meninggal dunia di rumah sakit Palembang


Tercatat jamaah haji kloter 04 PLM sebanyak 149 orang, satu orang meninggal dunia atas nama Abdul Hamid Usman (80), warga Desa Kimak, Kecamatan Merawang.

Sementara jamaah haji kloter 05 PLM dijadwalkan tiba di Tanah Air pada 29 Juni 2024, diperkirakan sampai di Debarkasi Palembang Sumatera Selatan pukul 04.15 WIB.

Pewarta: Kasmono
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024