Jakarta (ANTARA) - Dalam menghadapi tantangan bisnis yang semakin kompleks, sebuah perusahaan membutuhkan Strategic Workforce Planning (SWP) untuk mencapai sasaran jangka panjang yang telah ditentukan di masa depan.

“SWP melibatkan identifikasi kebutuhan tenaga kerja di masa depan, analisis kesenjangan antara kondisi saat ini dan kebutuhan masa depan, serta pengembangan strategi untuk menutup kesenjangan tersebut,” kata Kepala Divisi Riset dan Konsultansi PPM Manajemen Alphieza Syam dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Alphieza menuturkan SWP adalah proses sistematis untuk memastikan organisasi memiliki tenaga kerja yang tepat dengan keterampilan dan kompetensi yang sesuai, serta tersedia pada waktu yang tepat untuk mencapai tujuan strategis perusahaan.

Baca juga: Teknologi SCM kian diminati perusahaan di Indonesia

SWP pada dasarnya diterapkan di perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional perusahaan.

Ia menyebut beberapa manfaat yang diberikan SWP tersebut antara lain menyelaraskan kemampuan tenaga kerja dengan tujuan bisnis, mengoptimalkan penggunaan tenaga kerja dan memungkinkan perusahaan merespons dinamika pasar dengan lebih gesit.

“Dengan perencanaan tenaga kerja strategis, perusahaan dapat mengurangi risiko kekurangan atau kelebihan tenaga kerja, memastikan ketersediaan tenaga terampil yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan bisnis,” kata dia.

Baca juga: Sandiaga: Ekosistem perusahaan rintisan di Indonesia kian dinamis

Selain itu, SWP juga menekankan pentingnya kolaborasi antar fungsi dalam organisasi. Alphieza menekankan kolaborasi lintas fungsi atau unit kerja jadi hal yang penting untuk memperoleh pemahaman menyeluruh tentang kebutuhan tenaga kerja dan memastikan strategi yang dikembangkan selaras dengan tujuan bisnis perusahaan.

SWP juga mendorong perusahaan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan signifikan dalam lingkungan bisnis, seperti peluncuran produk baru, ekspansi pasar, atau restrukturisasi organisasi. Faktor eksternal juga harus dipertimbangkan, menjadikan pemutakhiran SWP secara berkala sebagai langkah penting untuk menyesuaikan dengan perkembangan bisnis dan dinamika pasar tenaga kerja.

"Perencanaan tenaga kerja yang strategis adalah kunci untuk menjaga daya saing perusahaan. Dengan bermitra bersama PPM Manajemen, perusahaan dapat memanfaatkan keahlian dan pengalaman kami dalam merancang dan mengimplementasikan SWP yang efektif," kata Alphieza.

Baca juga: Teknologi absensi akurat dinilai penting untuk manajemen perusahaan

Baca juga: Investasi perusahaan teknologi buka banyak peluang di Indonesia


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2024