Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Pasar Pusat Perbelanjaan Mentaya, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah (Kalteng), Rabu, untuk memastikan harga pangan baik dan stabil.

Kunjungan Presiden Jokowi ke kabupaten tersebut merupakan rangkaian dari kunjungan kerjanya selama dua hari (26-27 Juni 2024) di Kalteng.

"Saya lihat sangat baik, harga-harga baik. Tadi bawang merah 40 (ribu per kg), bawang putih 40 ribu, ayam 38 ribu, ya sama dengan di Jawa, bagus. Yang saya lihat tadi bagus. Cabai juga tadi 45 (ribu per kg), cabai rawit juga bagus sama seperti di Jawa, bagus," kata Presiden Jokowi, dalam keterangan pers di Desa Bapeang, Kabupaten Kotawaringin Timur, usai peninjauan pelaksanaan bantuan pompa air untuk pengairan sawah dan pertanian sebagaimana keterangan dari Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta, Rabu.

Presiden juga memastikan bahwa distribusi bahan pangan dari Pulau Jawa ke Pulau Kalimantan berjalan lancar. Hal tersebut tercermin dari stabilnya harga bahan-bahan pokok di Kotawaringin Timur meskipun bahannya dipasok dari Jawa.

"Tadi saya lihat faktanya di pasar harganya masih sama seperti di Jawa, artinya pasokan, distribusi, transportasi itu lancar. Saya tadi cek itu untuk itu. Saya juga kaget ternyata harganya hampir sama," ujarnya pula.
Baca juga: Presiden: Model bisnis "food estate" Kalteng bisa dicontoh tempat lain

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga memberikan bantuan modal kepada sejumlah pedagang pasar. Rusdiana, salah seorang pedagang kue pasar, mengungkapkan rasa syukur atas bantuan yang ia terima.

"Alhamdulillah baru kali ini dapat (bantuan), terima kasih banyak. Mudah-mudahan beliau sehat dan berkah, barokah," ujar Rusdiana.

Presiden Jokowi juga menyapa dan berinteraksi langsung dengan masyarakat yang memadati pasar tersebut. Ada warga yang meminta foto dan ada pula yang meminta tanda tangan.

Abdul Wahab, warga setempat yang berhasil mendapatkan tanda tangan Presiden menyatakan bahwa pertemuannya dengan Presiden Jokowi merupakan mimpi yang menjadi kenyataan.

"Sungguh memuaskan. Tadi malam terus terang saya mimpi (ketemu) dengan Pak Jokowi, dikasih uang Rp100 ribu. Alhamdulillah kesampaian salaman dengan Pak Jokowi," katanya lagi.

Warga lainnya, Bayu, bersyukur bisa berfoto bersama Presiden Jokowi. Momen tersebut terasa lebih spesial karena ia memiliki tanggal lahir yang sama dengan Presiden Jokowi.

"Foto dengan Pak Jokowi. Berkah ulang tahun, kan ulang tahun kami sama. Bahagia sekali," kata Bayu.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam peninjauan di pasar tersebut, yakni Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, dan Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor.
Baca juga: Presiden serahkan banpres produktif untuk pengusaha mikro Kalteng
Baca juga: Presiden Jokowi minta Gubernur-Wagub Kalteng terus kendalikan COVID-19

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024