Madrid (ANTARA News) - Mantan wasit Liga Utama Spanyol (La Liga), Eduardo Iturralde Gonzalez,  mengungkapkan bahwa sebagian besar pengadil pertandingan di turnamen antarklub di Negeri Matador itu penggemar Real Madrid.

Wasit Spanyol yang pensiun pada 2012 tersebut mengatakan di acara televisi Tika Taka, wasit harus tetap profesional dan jangan sampai kegemaran pribadi terhadap sebuah klub mempengaruhi keputusan mereka di lapangan.

Dia mengemukakan, tidak wajar jika mengharapkan wasit tidak menyukai salah satu tim karena pekerjaan untuk terlibat langsung dalam sepakbola dimulai ketika menjadi pendukung tim tertentu.

"Wasit tidak berasal dari planet Mars," katanya layaknya dilansir laman Football Espana (31/1).

Selain itu, Eduardo menyatakan: "Mereka terjun ke dunia perwasitan karena menyukai sepakbola dan jika mereka suka sepakbola, saya tidak berpikir ada orang yang tidak suka tim tertentu."

"Saya lahir di Bilbao dan di sana masyarakat mendukung tim Athletic Bilbao," ujarnya.

Namun demikian, wasit berusia 46 tahun itu berkomentar: "Sebagian besar masyarakat Spanyol mendukung Real Madrid atau Barcelona karena mereka adalah tim pemenang, dan itulah sebabnya. Di antara para wasit, mayoritas mendukung Real Madrid."

"Tapi, itu bukan alasan mereka tidak profesional ketika memipin pertandingan. Begitu juga dengan pemain," katanya.

Ia pun menambahkan, "Sebelumnya, mayoritas orang Spanyol mendukung Madrid, tapi sekarang Barcelona menyusul."

Penerjemah:
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2014