Tangerang (ANTARA) - Sejumlah pabrikan dan produsen helikopter terkemuka meramaikan pameran Heli Expo Asia (Hexia) 2024 yang diselenggarakan di Cengkareng Heliport, Tangerang, Banten, Rabu.

Pameran angkutan udara terbesar di Asia Tenggara ini menyajikan sejumlah jenis helikopter serta teknologi dan pengetahuan penerbangan di Indonesia.

Hexia tahun ini mendatangkan sekitar 30 exhibitor, di antaranya berasal dari Singapore (Bruhat Project Logistics), Malaysia (Hammock Helicopter & Hammock Robotics), Dubai, UAE (Deinon Insurance Brokers LLC), Australia (Helitak Fire Fighting Equipment Pty Ltd, United Aero Helicopter) dan United States (Southern Cross Aviation, Hillsboro Aero Academy).

Baca juga: Pameran helikopter Heli Expo Asia digelar 26-30 Juni 2024

CEO and Founder Whitesky Group, Denon Prawiraatmadja mengatakan, berdasarkan data yang ada jumlah pengunjung  hampir 21.000 orang yang teregistrasi dari berbagai kalangan.

"Untuk Hexia 2024 ini kami adakan dua sesi, yakni dari sesi corporate dan mengundang masyarakat umum, sehingga bisa mengetahui pengetahuan tentang helikopter di dunia. Jadi tanggal 26-28 Juni ini untuk corporate dan 29-30 untuk masyarakat umum," terangnya.

Pameran Heli Expo Asia yang dihadiri oleh pejabat asosiasi helikopter Australia (AHIA - Australian Helicopter Industry Association) akan membahas kemajuan Industri helikopter mutakhir dan Sustainable Aviation Fuel (SAF) serta meningkatkan kerja sama antar negara Indonesia dan Australia.

Selain itu, kata Iskandar, Badan dan Lembaga dari dalam negeri yang terlibat di antaranya, Kementerian Perhubungan, TNI Angkatan Udara, Badan nasional penanggulangan bencana, Basarnas, Inaca  Kadin,   AirNav, Angkasa Pura II, dan lembaga lembaga lainnya.

"Pameran HEXIA 2024 akan dibuka oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Bapak Budi Karya Sumadi, pada tanggal 26 Juni 2024, pukul 09.00 WIB di Cengkareng Heliport," ungkapnya.

Dengan visi yang lebih luas, Hexia tidak hanya menargetkan kalangan profesional tetapi juga masyarakat umum. Pengunjung yang hadir bisa merasakan pengalaman seru di Digital Oasis VR Experience, di mana mereka dapat merasakan sensasi mengendalikan helikopter melalui teknologi virtual reality.

Baca juga: Boeing: Pemasok RI berpartisipasi di rantai pasok penerbangan global

Tidak ketinggalan, Cosplay Copter Trick Shot akan menjadi daya tarik tersendiri bagi generasi muda, dengan penampilan cosplay karakter-karakter populer dari dunia penerbangan yang dipadukan dengan gaya foto yang menarik.

"Kesuksesan Hexia tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk pemerintah, industri penerbangan, dan komunitas penerbangan," kata dia.

 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024