Jakarta (ANTARA) - Petinju dunia andalan Indonesia Daud "The Boxing Senator" Yordan berambisi menang KO saat menghadapi petinju asal Argentina Juan Hernan Leal dalam laga International Boxing Association (IBA) World Super Lightweight Championship 2024 di GOR Terpadu Ayani, Pontianak pada 7 September.

Ini untuk pertama kalinya Daud Yordan kembali mengenakan sarung tinju usai vakum tampil di atas ring selama dua tahun terakhir.

"Ini bukan pertandingan terakhir saya, tetapi permulaan setelah hampir dua tahun vakum karena kesibukan saya di dunia politik," kata Daud Yordan dalam konferensi pers di BURN 83, SCBD, Jakarta, Rabu.

Daud terakhir kali naik ring saat menumbangkan petinju Thailand Panya Uthok dengan menang KO pada pertandingan yang digelar di Balai Sarbini, Jakarta, Juli 2022. Kemenangan tersebut membuat petinju asal Kayong Utara, Kalimantan Barat tersebut mempertahankan gelar juara WBC Asia Silver Light yang sebelumnya telah diamankannya pada 2021.

Sementara itu, Juan Hernan Leal memainkan pertandingan terakhir menghadapi petinju senegaranya, Maximiliano Nicolas Segura pada pertandingan yang berakhir dengan perolehan poin imbang pada 23 Maret.

Daud juga merupakan pemegang gelar IBA World Superlight dan WBO Oriental Superlight usai mengatasi perlawanan petinju Afrika Selatan Michael Mokoena pada pertandingan yang berlangsung di Batu, Jawa Timur, 2019.

"Ini bagian dari bangkitnya tinju Indonesia selama pasang surut prestasi dan kejuaraan. Sehingga ini membangkitkan geliat antusiasme masyarakat, promotor, pemerintah maupun swasta kembali," ujar petinju yang kini menginjak usia 37 tahun tersebut.

Baca juga: KONI Pusat harap film Ellyas Pical mampu motivasi petinju baru

"Saya sangat mengharapkan dukungan langsung masyarakat Kalimantan Barat di GOR Ayani untuk memberikan energi ekstra buat saya, karena kali ini saya bermain di rumah saya sendiri," imbuh petinju berjuluk Cino tersebut.

MPRO International selaku promotor pertandingan berharap mampu menyajikan duel yang menjanjikan terutama dengan kembalinya salah satu petinju andalan Indonesia itu usai vakum dua tahun.

"Kami MPRO International sangat bangga bisa menghadirkan kembali pertarungan akbar petinju dunia kebanggaan Indonesia Daud Yordan menghadapi Juan Hernan Leal. Kami yakin duel ini akan menjadi pertandingan yang ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia melihat kembali penampilan juara dunia asal Indonesia," kata Gustiantira Alandy selaku promotor.

Baca juga: Daud Yordan siapkan pertandingan perebutan gelar juara dunia ke-4
Baca juga: Mike Tyson sakit, duel melawan Jake Paul terpaksa ditunda

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024