Jakarta (ANTARA) - Kecamatan Johar Baru merayakan HUT Ke-497 Jakarta dengan mengadakan Pagelaran Seni Budaya berupa pertunjukan seni budaya Betawi serta bazar dari Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) pada Rabu.

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma di Jakarta mengapresiasi pelaksanaan pagelaran seni budaya tersebut.

Dhany berharap, nuansa keindahan dan harmoni dalam seni budaya yang ditampilkan semakin mewarnai karakteristik masyarakat, khususnya warga Johar Baru dalam menyambut DKI Jakarta sebagai Kota Global.

"Hari ini kita menikmati pentas seni budaya yang berangkat dari kultur Betawi dipadukan kultur masyarakat Johar Baru. Semoga kegiatan ini menguatkan kohesivitas sosial kita semua," kata Dhany.

Camat Johar Baru, Nurhelmi Savitri 
menjelaskan, Pagelaran ini diadakan di Jalan Percetakan Negara II, RT 12/03 Kelurahan Johar Baru.

Selain menampilkan beragam pertunjukan seni budaya Betawi dan kontemporer, kegiatan itu juga dimeriahkan bazar sebanyak 35 UMKM binaan Suku Dinas (Sudin) PPKUKM Jakarta Pusat.

Baca juga: Pemkot Jakpus angkut 35 ton sampah hasil HUT ke-497 Jakarta
Baca juga: Anak Mpok Nori: Lenong cocok dengan anak muda
 
Nurhelmi menyebutkan, pagelaran seni budaya ini merupakan kedua kalinya. Kegiatan menampilkan beragam seni budaya Betawi dan kontemporer dari masyarakat se-Kecamatan Johar Baru.
 
"Kami mendapat dukungan dari Suku Dinas Kehutanan. Alhamdulillah kegiatan dimeriahkan seniman Betawi Mpo Tonah dan Munaroh," ujar Nurhelmi.
 
Kedua seniman Betawi itu menghibur masyarakat dalam sesi penampilan Gambang Kromong. Selain menyanyikan lagu-lagu Betawi, penampilan mereka akan diselingi hiburan "ngebodor".
 
Selanjutnya, kegiatan juga menampilkan kesenian palang pintu, tari-tarian dari warga dan penampilan grup band Kampung Rawa. Kegiatan berlangsung hingga pukul 17.00 WIB.
 
"Selama kegiatan ada 35 UKM dari Johar Baru yang menampilkan produk mereka di bazar. Lalu juga lebih dari 100 hadiah bagi warga," ujar Nurhelmi.
 
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024