Makassar (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto membuka Rapat Koordinasi (Rakor) tentang Kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2024 untuk wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Maluku di Ballroom Phinisi, Hotel Claro Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu.

Ketua Penyelenggara, Deputi Bidang Koordinasi Politik Dalam Negeri Kemenko Polhukam Mayjen TNI Heri Wiranto melaporkan, kegiatan ini dilaksanakan untuk kedua kalinya setelah sebelumnya di wilayah Papua untuk enam provinsi. Kegiatan ini dilakukan secara hibrid dengan jumlah peserta 1.420 orang.

Rakor tersebut juga dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, Pejabat (Pj) Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh, serta Pj gubernur dan bupati wali kota, ajaran pejabat TNI Polri serta penyelenggara Pemilu

Menko Polhulkam Hadi Tjahjanto sebagai keynote speaker dalam rakor tersebut menyampaikan ada lima arahan. Pertama, semua elemen ikut bersama-sama menjaga stabilitas di bidang politik, hukum dan keamanan yang kondusif dan terkendali.

Kedua, meningkatkan koordinasi antara kementerian dan lembaga guna menyukseskan penyelenggaraan Pilkada sesuai dengan regulasi dan ketentuan yang berlaku.

"Ketiga, perlu optimalisasi dalam fasilitasi penyelenggaraan Pilkada serentak agar dapat berjalan sesuai dengan jadwal dan tahapan yang telah ditetapkan," paparnya.

Selanjutnya, keempat, seluruh komponen bangsa ikut terlibat aktif dalam menjaga serta mengedepankan persatuan dan kesatuan guna menghindari polarisasi di masyarakat.

Kelima, meningkatkan peningkatan pendidikan politik untuk memberikan edukasi dan pencerahan kepada masyarakat guna mewujudkan terselenggaranya pesta demokrasi yang aman, damai, kondusif dan berkualitas.

"Saya berharap para peserta rapat dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya saling bertukar informasi terkait berbagai permasalahan yang dihadapi serta menerapkan solusi penyelesaian. Sehingga rapat koordinasi ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh peserta dalam mempersiapkan Pilkada Serentak tahun 2024," tutur mantan Panglima TNI ini menekankan.
Baca juga: Menko Polhukam ingatkan TNI-Polri siapkan pengamanan untuk dua pilkada
Baca juga: Menko Polhukam ajak seluruh komponen bangsa wujudkan pilkada damai
Baca juga: Menko Polhukam: Dalam Pilkada 2024, kita memiliki sinergi TNI-Polri

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2024