Islamabad (ANTARA) - Perdana Menteri (PM) Pakistan Shehbaz Sharif pada Senin (24/6) menyatakan tekad untuk memberantas virus polio dari negaranya, kata kantor perdana menteri negara tersebut dalam sebuah pernyataan.

Saat memimpin pertemuan Satuan Tugas Nasional Pemberantasan Polio bersama Bill Gates, salah satu ketua Bill & Melinda Gates Foundation, dan pejabat setempat yang hadir, Sharif memuji dedikasi para pekerja garis depan, kepemimpinan pemerintah, dan dukungan mitra terhadap kemajuan yang signifikan dalam pemberantasan polio, ungkap pernyataan itu.

Selama virus polio masih terus menyebar dan melumpuhkan anak-anak, upaya pemerintah akan terus dilakukan secara maksimal untuk memberantasnya, kata Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif.

Sharif mengapresiasi Gates Foundation atas kemitraan penting dan hubungan jangka panjangnya dalam program pemberantasan polio.

Dia mengatakan selama virus polio masih terus menyebar dan melumpuhkan anak-anak, upaya pemerintah akan terus dilakukan secara maksimal untuk memberantasnya.
 
Seorang petugas kesehatan memberikan dosis vaksin polio kepada seorang anak selama kampanye vaksinasi anti-polio di kota pelabuhan Karachi, Pakistan selatan pada 15 Mei 2023. (ANTARA/Xinhua/Str)
 

Menyebut pelaporan lima kasus polio dan 185 sampel lingkungan yang dikonfirmasi positif virus polio pada 2024 sebagai hal yang sangat memprihatinkan, Sharif memerintahkan penggunaan semua sumber daya yang ada di Pakistan untuk memberikan keamanan kepada tim vaksinasi polio dan meningkatkan upaya nasional untuk memberantas polio dari Pakistan.

Selain itu, Sharif juga memerintahkan seluruh pemangku kepentingan untuk memastikan bahwa setiap anak di Pakistan menerima beberapa dosis vaksin dan terlindungi dari polio.

Sementara itu, Bill Gates dalam sambutannya mengatakan upaya pemberantasan polio dalam menghadapi tantangan kompleks merupakan salah satu contoh kerja keras dan dedikasi semua orang yang terlibat dalam peningkatan kesehatan untuk semua, mulai dari pekerja garis depan wanita hingga pemimpin pemerintahan, papar Bill & Melinda Gates Foundation dalam pernyataannya.

"Saya yakin bahwa dengan terus bekerja sama, menerapkan pendekatan inovatif, dan tetap waspada, Pakistan akan membuat langkah besar dalam mengakhiri polio," imbuhnya.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2024