Jakarta (ANTARA) - Wakil Manajer Tim AdHoc PP PBSI Ricky Soebagdja memastikan kondisi para atlet prima menjelang Olimpiade Paris 2024 yang bergulir pada 26 Juli-11 Agustus.

“Tim Olimpiade sampai saat ini berada dalam kondisi baik. Dengan sisa waktu yang ada, kami akan berangkat ke Chambley pada 13 Juli, meliputi atlet, pelatih, dan tim pendukung untuk masuk ke camp sebelum nantinya ke athlete village,” kata Ricky dalam jumpa pers di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Rabu.

Lebih lanjut, pria yang juga merupakan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PB PBSI tersebut mengatakan skuad bulu tangkis Indonesia sudah melakukan serangkaian tes fisik dengan catatan yang menunjukkan peningkatan cukup signifikan.

Hal itu pun diharapkan mampu menambah kepercayaan diri para atlet menjelang pertandingan paling akbar sedunia tersebut.

“Semakin dekat dengan keberangkatan (ke Chambley), kita ada persiapan yang lebih fokus. Kita harus betul-betul fokus agar pemain dapat berlatih dengan nyaman dan baik untuk menjaga performa mereka,” jelas peraih medali emas Olimpiade Atlanta 1996 itu.

Sependapat, Direktur Teknik Tim AdHoc PBSI Christian Hadinata mengatakan skuad Merah Putih telah melakoni serangkaian latihan serius dengan intensitas sesuai kebutuhan demi mempertajam kemampuan serta memperbaiki kekurangan.

“Apa yang menjadi kekurangan dan kelemahan sudah diantisipasi dengan baik, mulai dari servis, penempatan bola, dan lainnya,” ungkap Christian.

Baca juga: Ricky kecewa dengan performa atlet Olimpiade di Indonesia Open

Juara dunia 1980 itu melanjutkan, para pesaing yang akan dihadapi di Paris tidak jauh berbeda dengan pemain-pemain yang telah dijumpai pada turnamen-turnamen sebelumnya.

Sehingga, Christian berharap, para pemain bersama pelatih dan tim pendukung bisa mempelajari dan mengimplementasikan apa yang telah dilakukan di latihan dan di Paris.

“Yang penting adalah bagaimana para atlet mengimplementasikan latihan-latihan teknis yang sudah baik dan kuat, dan memperbaiki apa yang harus diperbaiki nanti di lapangan,” kata Christian.

“Saya juga berharap mereka bisa tampil sama bagusnya dengan saat di latihan. Mudah-mudahan para atlet bisa menjabarkan itu semua dalam pertandingan yang sesungguhnya,” ujarnya menambahkan.

Peraih lima medali emas Asian Games itu juga menyoroti pentingnya kondisi fisik yang bugar serta mentalitas yang baik saat berlaga di pesta olahraga terbesar di dunia nanti.

“Dengan kondisi fisik yang bugar, sehat dan fit, harapannya mereka bisa mencapai peak performance di Olimpiade,” kata dia.

“Saya juga berharap mereka bisa memancarkan aura positif dan kewibawaan. Saat berjalan masuk lapangan, sudah harus tunjukkan satu aura, kharisma, dan wibawa di depan siapa pun lawan kita,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Menuju Olimpiade Paris 2024, Fajar: Kami harus tingkatkan banyak aspek
Baca juga: An Se Young bidik medali Olimpiade Paris sebagai pelengkap titel


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024