Palangkaraya (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, distribusi bahan pokok di Kalimantan Tengah tidak mengalami masalah sehingga harga bahan pokok secara umum berada pada kondisi baik.

"Distribusi, transportasi, semuanya saya kira enggak ada masalah," kata Presiden di sela kunjungan kerja di Kalimantan Tengah, Rabu.

Presiden dalam kunjungannya di Kalimantan Tengah meninjau dua pasar yakni Pasar Pusat Perbelanjaan Mentaya di Kotawaringin, dan Pasar Pata di Katingan.

Di kedua pasar tersebut Presiden mendapati harga bahan pokok relatif sama baik. Harga bawang merah dan bawang putih masing-masing Rp40 ribu per kg, ayam Rp38 ribu per ekor dan cabai Rp45 ribu per kg.

"Di Katingan sama di Kotawaringin Timur saya lihat harga-harga juga sama. Bawang putih 40 (ribu per kg), bawang merah 40 (ribu per kg) lebih murah, daging ayam 38 ribu. Semua sama, baik-baik," ungkap Presiden Joko Widodo.

Menurut Presiden, stabilitas harga ini menandakan bahwa distribusi dan transportasi barang kebutuhan pokok di daerah tersebut berjalan lancar.

Selain mengecek harga, dalam kesempatan tersebut Presiden Jokowi juga membagikan bantuan modal kepada pedagang.

Arjuna, pedagang ikan, menyatakan kegembiraannya mendapatkan tambahan modal untuk usaha dagangnya.

"Senang, senang sekali terima kasih kepada Bapak Jokowi sudah membantu kami," ujar Arjuna seraya menyampaikan harapannya agar UMKM di area tersebut mendapatkan perhatian lebih, karena kondisi pasar yang kurang baik.

Pedagang lainnya, Rika, yang sehari-hari berjualan sayur juga merasa terbantu dengan bantuan modal yang diberikan. Rika juga berterima kasih karena kunjungan Presiden memberi dampak positif bagi semangat para pedagang lokal.

"Untuk Bapak Jokowi saya sebagai pedagang sangat terbantu dengan bantuan Bapak, dengan kunjungan Bapak sangat senang masyarakat di sini alhamdulillah senang," kata Rika.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan tersebut yakni Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, dan Pj. Bupati Katingan Saiful.

Baca juga: Presiden cek pompanisasi pertanian Kotim pastikan berjalan baik
Baca juga: Presiden Jokowi sebut harga bahan pangan di Sampit bagus
Baca juga: Presiden minta tambahan pompa atasi kekeringan lahan tani Juli-Oktober
Baca juga: Pedagang Sampit terharu terima bantuan langsung dari Presiden Jokowi

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2024