Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyalurkan Bantuan Pemerintah Bidang Kebahasaan dan Kesastraan 2024 untuk meningkatkan peran komunitas sastra sebagai pencipta karya, penggerak, sekaligus penguat pembangunan kesastraan di tengah masyarakat.

Dalam rilis yang diterima di Jakarta, Rabu, Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti mengatakan bahwa hal itu merupakan upaya mereka untuk memberikan layanan pendidikan guna mencerdaskan bangsa, salah satunya dengan meningkatkan literasi masyarakat melalui program unggulan tersebut.

Sejak 2023, kata Suharti, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) menginisiasi rintisan penyaluran Bantuan Pemerintah (Banpem) Bidang Kebahasaan dan Kesastraan: Penguatan Komunitas Sastra.

Baca juga: Kemendikbudristek salurkan bantuan dana peduli komunitas sastra

"Banpem diberikan untuk komunitas sastra, baik berupa fasilitasi untuk memberdayakan komunitas sastra maupun penghargaan atau apresiasi kepada tokoh-tokoh sastra yang telah berdedikasi di dunia sastra, khususnya yang telah berkiprah selama 40 tahun atau lebih," katanya.

Dia menuturkan, fasilitasi Banpem diberikan dalam rangka mendorong berkembangnya komunitas sastra, meningkatkan peran komunitas sastra sebagai sarana pembelajaran sastra, membantu pelaksanaan dan optimalisasi kegiatan bidang kebahasaan dan kesastraan, meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap sastra, mendorong jumlah, mutu, serta penyebaran dan publikasi karya sastra.

Selain itu, bantuan penghargaan juga diberikan dalam rangka memberikan apresiasi kepada komunitas sastra atau perseorangan atas kinerjanya yang luar biasa dalam aktivitas kesastraan, termasuk di dalamnya pemberdayaan masyarakat sebagai bagian dari ekosistem kesastraan.

Baca juga: Kemendikbudristek: Pemerintah tak bisa hidupkan sastra tanpa komunitas

"Upaya yang diinisiasi oleh Badan Bahasa ini diharapkan memberikan kontribusi bagi pengembangan sastra untuk mengembangkan literasi masyarakat, sekaligus menjadi program yang berkelanjutan dan diperluas jangkauannya sehingga komunitas sastra menjadi mitra strategis Kemendikbudristek," tuturnya.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa E Aminudin Aziz mengatakan bahwa program pemberian Banpem khusus untuk komunitas sastra dan para sastrawan ini telah melewati proses panjang dan baru dapat dilakukan pada tahun lalu.

"Program Banpem disusun bersama dengan kesepakatan yang ada dalam Badan Bahasa dan komunitas sastra. Kami yakin jangkauan komunitas sastra lebih luas, sampai ke wilayah 3T, dan kami harapkan program ini dapat diakses jauh lebih banyak oleh masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Badan Bahasa gelar Malam Sastra beri penghargaan kepada komunitas

Aminudin menyebutkan pemberian Banpem ini menjadi komitmen Badan Bahasa dalam membantu penyelenggaraan program-program kesastraan yang ada di masyarakat.

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024