Banjarmasin (ANTARA) - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kalimantan Bagian Selatan (Kalbagsel) berhasil menghimpun penerimaan negara mencapai Rp539.499.102.585 atau lebih kurang Rp539 miliar sepanjang tahun 2023.

"Penerimaan dari sektor bea masuk, bea keluar dan cukai," kata Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kalbagsel Dwijo Muryono di Banjarmasin, Rabu.

Dwijo merinci penerimaan itu terdiri dari sektor bea masuk Rp141.326.585.000, bea keluar Rp538.347.900.000 dan cukai Rp1.009.876.000.

Dia menyebut tahun 2023 menjadi tonggak kebangkitan bagi pihaknya dalam upaya mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Selama tahun tersebut, melalui berbagai upaya dan dukungan berbagai pihak dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai revenue collector (pengumpul pendapatan).

Beragam prestasi pun ditorehkan di antaranya meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tahun 2023, peluncuran aplikasi layanan "Lemons", menggagalkan penyelundupan 360 kg sisik trenggiling, penghargaan atas upaya P4GN, serta penghargaan internasional WCO Certificate of Merit.

Sebagai bentuk rasa syukur atas capaian terbaik sepanjang 2023, Kanwil Ditjen Bea dan Cukai Kalbagsel melalui acara Coffee Morning 2024 memberikan apresiasi kepada beberapa perusahaan yang berkontribusi secara signifikan.

Di antaranya PT. Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk sebagai perusahaan penerima fasilitas kepabeanan dengan dampak ekonomi terbaik, PT Korindo Ariabima Sari sebagai perusahaan penerima fasilitas kepabeanan dengan tingkat kepatuhan terbaik.

Kemudian PT Pertamina EP sebagai perusahaan penerima fasilitas kepabeanan dengan kontribusi dukungan inovasi pelayanan berupa lemons.

Dwijo menyatakan capaian dan prestasi itu adalah hasil dari kolaborasi erat antara Bea Cukai, pemangku kepentingan dan masyarakat.

"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan, serta berharap dapat mengukir prestasi lebih baik di tahun 2024 ini," ucapnya.

Baca juga: Bea Cukai Kalbagsel musnahkan lima juta lebih batang rokok ilegal

Baca juga: KLHK dan Bea Cukai sita 360 kilogram sisik trenggiling di Banjarmasin

Pewarta: Firman
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024