Jakarta (ANTARA) - Platform perdagangan elektronik (e-commerce) Shopee resmi melakukan kerja sama dengan empat perusahaan logistik nasional yakni Anteraja, JNE, Pos Indonesia, dan SiCepat untuk memperkuat program layanan Garansi Tepat Waktu (GTW).

"Kerja sama ini menjadi sinergi antara Shopee dan perusahaan logistik untuk bisa memberikan waktu pengiriman terbaik bagi pengguna," kata Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Djuarto usai penandatanganan kerja sama yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu.

Christin menyampaikan, kerja sama ini menjadi bentuk komitmen antara Shopee dan mitra logistik dalam menjaga serta meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan.

Baca juga: Ragam inovasi Shopee jadi katalis pertumbuhan bisnis perusahaan kurir

Baca juga: Pos Indonesia beri penghargaan Shopee sebagai Mitra Swasta Terbaik


Selain itu, juga menjadi peluang bagi perusahaan logistik untuk dapat memberikan layanan pengiriman terbaik dengan mengutamakan operational excellence.

Menurut dia, kualitas layanan dan kecepatan pengiriman menjadi hal penting untuk pertumbuhan usaha Penjual Shopee dan menjaga kepercayaan Pembeli Shopee.

Karenanya, Shopee menyambut baik partisipasi aktif serta kepercayaan dari mitra logistik tersebut.

“Shopee dan keempat perusahaan logistik ini akan terus berupaya menjaga dan meningkatkan kualitas layanan bagi para pelanggan. Kami berharap kerja sama strategis ini kedepannya juga dapat semakin mempererat hubungan baik kita bersama," ujarnya.

Lebih lanjut Christin menyampaikan bahwa pelanggan akan mendapat kompensasi berupa voucher GTW sebesar Rp10.000 jika pesanan yang dikirim Anteraja, JNE, Pos Indonesia, dan SiCepat melewati batas waktu pengiriman.

Pelanggan dapat mengklaim voucher sebelum status pesanan berubah jadi pesanan selesai.

Selain bekerja sama dengan mitra logistik tersebut di atas, Shopee juga bekerja sama dengan 10 mitra logistik lainnya yang memiliki kesamaan visi dan komitmen dalam meningkatkan kepuasan pengguna, khususnya ketepatan waktu pengiriman.

Ia menambahkan, program ini juga sejalan dengan temuan laporan Southeast Asia Ecommerce Logistic Market tahun 2024 dari Parcelmonitor yang menyatakan sebanyak 80 persen responden akan lebih sering berbelanja di toko online jika paket yang diterima datang tepat waktu, dan 87 persen responden menyatakan akan check-out produk saat berbelanja online jika toko tersebut menyediakan keterangan perkiraan tepat waktu, dibandingkan hanya informasi tentang hari kedatangan paket.

“Fakta ini semakin memotivasi kami untuk menjaga kecepatan pengiriman demi menjaga pertumbuhan usaha penjual dengan meningkatkan kepercayaan pembeli,” kata Christin.

Turut hadir dalam acara ini Chief Executive Officer Anteraja Handy Widiya, Senior Vice President Sales & Business Development JNE Agusnur Widodo, Senior Vice President Retail Business Pos Indonesia W. Lily Selanno, dan External Affairs Director SiCepat Ekspres Imam Sedayu P.

Baca juga: Logistik bervariatif jadi strategi penjual sukses di e-commerce

Baca juga: Anteraja dan Shopee bantu logistik UMKM ke seluruh Indonesia

Baca juga: Inovasi JNE di platform Shopee untuk tingkatkan layanan

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2024