Jakarta (ANTARA) - Restoran khas masakan India Handi Restaurant di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, menghadirkan paket menu khusus makan malam. Paket itu adalah  The Nawabs Menu untuk para pengunjung yang ingin merasakan cita rasa unik, ragam hidangan khas negeri Bollywood yang diracik langsung oleh chef profesional asal India.

Pada hari ini (Rabu, 26 Juni), ANTARA berkesempatan untuk mengunjungi Handi Restaurant sekaligus mencicipi paket The Nawabs Menu yang terdiri dari hidangan pembuka, hidangan utama, dan hidangan pencuci mulut.  Atau dalam tata cara sajian makan dikenal dengan istilah appetizer, main course, dan dessert.  Tiga istilah untuk jenis makanan yang disajikan dalam bentuk, porsi, dan urutan yang berbeda.

Untuk hidangan pembuka, The Nawabs Menu menyajikan lal mirch kat tikka, paneer tikka, dan lasooni tomato shorba. Lal mirch kat tikka merupakan ayam yang dimasak dengan tandoor (oven tanah liat berbentuk silinder yang digunakan untuk memasak) serta dimarinasi dengan yogurt, rempah-rempah khas India, dan pasta cabai.

Lal mirch kat tikka memiliki aroma dan rasa rempah yang cukup kuat. Namun, pengunjung tidak perlu khawatir dengan rasa rempahnya yang kuat karena bahan tersebut justru menambah cita rasa unik dari hidangan ini.

Hidangan pembuka selanjutnya adalah paneer tikka, yakni ayam tanpa tulang yang dimarinasi dengan yogurt. Dari segi rasa, paneer tikka memiliki rasa sedikit lebih asin dibandingkan lal mirch kat tikka, dengan rempah khas India yang cukup kuat.

Menu lasooni tomato shorba, salah satu hidangan pembuka dari The Nawabs Menu yang disajikan oleh Handi Restaurant di Jakarta Pusat, Rabu siang (26/6/2024). (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
 

Hidangan pembuka tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi sup satu ini, yaitu lasooni tomato shorba. Lasooni tomato shorba merupakan sup tomat yang dihidangkan dalam gelas kecil (mirip seperti gelas kopi espresso).

Soal rasa, lasooni tomato shorba cenderung asam-gurih dengan cita rasa daun ketumbar yang sangat terasa. Berbeda dari sup tomat pada umumnya, sup ini cenderung encer dan sedikit berminyak.

Setelah hidangan pembuka, kegiatan icip-icip berlanjut ke hidangan utama. Hidangan utama di The Nawabs Menu adalah butter chicken, laal maas, kadhai paneer, dal handi, steamed rice, dan indian breads.

Menu pertama adalah butter chicken, yakni ayam yang dimasak dengan bumbu kari dan tomat serta campuran rempah khas India. Berbeda dari butter chicken umumnya yang dimasak tanpa kuah, butter chicken di restoran ini disajikan dengan bumbu kental dari bahan-bahan di atas.

Menu butter chicken, salah satu hidangan utama dari The Nawabs Menu yang disajikan oleh Handi Restaurant di Jakarta Pusat, Rabu siang (26/6/2024). (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
 

Cita rasa butter chicken ini sedikit mirip dengan gulai kari Indonesia, tetapi dengan rempah India yang jauh lebih kuat. Bagi lidah orang Indonesia, hidangan satu ini mungkin akan terasa familiar dan dapat memberikan rasa nyaman saat dimakan.

Selain butter chicken, ada juga laal maas. Hidangan berbahan dasar betis domba ini dimasak dengan ragam rempah khas India di dalam oven keramik hingga empuk dan matang.

Dari segi rasa, hidangan ini cukup pedas dengan rasa daging domba yang kuat. Meskipun rasa dombanya kuat, tetapi hidangan ini tidak berbau “prengus” sama sekali dan sangat cocok disantap oleh para pencinta daging domba.

Ada juga khadai paneer, yakni keju cottage yang dimasak dengan bawang, tomat, dan rempah khas India. Hampir sama seperti hidangan India pada umumnya yang kuat akan rasa daun ketumbarnya, hidangan ini pun memiliki rasa demikian.

Meskipun rasa daun ketumbarnya cukup kencang, hidangan ini menjadi salah satu menu yang direkomendasikan karena cita rasanya yang gurih dan lezat. Dari segi tekstur, hidangan ini terasa lembut, seperti tahu putih dan dilengkapi dengan bawang bombay berlimpah untuk menyumbangkan tekstur “crunchy” di dalamnya.

Menu hidangan utama dari The Nawabs Menu yang disajikan oleh Handi Restaurant di Jakarta Pusat, Rabu siang (26/6/2024). (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)


Tidak ketinggalan dal handi, yakni kacang lentil hitam yang dimasak bersama tomat, mentega, dan krim. Kental, gurih, berempah merupakan deskripsi paling pas saat merasakan hidangan ini.

Dal handi sangat cocok dijadikan “saus cocolan” pendamping untuk dua hidangan roti khas India atau nasi yang sudah termasuk paket The Nawabs Menu. Jika dimakan tanpa roti pun tidak masalah, karena dal handi juga terasa nikmat saat dimakan tanpa sajian pelengkap lainnya.

Perut sudah kenyang, saatnya menyantap dua hidangan manis dari The Nawabs Menu sebagai penutup. Ada jalebi, yakni kue yang digoreng kering dengan balutan sirup gula, serta narangi kulfi berupa es krim khas India yang dimasukkan ke dalam kulit jeruk sunkis dalam keadaan dingin.

Untuk menikmati paket The Nawabs Menu di Handi Restaurant, pengunjung dapat memesannya dengan merogoh kocek sebesar Rp600 ribu (selama promosi di bulan Juni). Perlu diingat bahwa The Nawabs Menu hanya tersedia untuk jam makan malam, sehingga pengunjung dapat memesannya sebelum jam makan malam dimulai.

Informasi lebih lanjut, kunjungi laman media sosial Handi Restaurant di @handibybrasserie.

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Slamet Hadi Purnomo
COPYRIGHT © ANTARA 2024