Manado (ANTARA) -
Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Utara (Sulut) melanjutkan pembangunan Manado Outer Ring Road (MORR) III tahap empat sepanjang 2,6 kilometer mulai tahun depan.
 
"Total panjang jalan MORR III adalah 11,3 kilometer. Kelanjutan pembangunannya mulai tahun depan," kata Kepala BPJN Sulut Hendro Satrio MK di Manado, Rabu.
 
Dia mengatakan, pembangunan MORR III tahap empat adalah kelanjutan dari pembangunan MORR III tahap satu, MORR III tahap dua, dan MORR III tahap tiga yang sudah selesai dibangun sebelumnya.

Baca juga: BPJN Sulut alokasikan Rp94 miliar lanjutkan MORR III tahap IV
 
Pada MORR III tahap satu dan dua, kata dia, BPJN Sulut telah menyelesaikan pembangunan jalan masing-masing sepanjang 1,5 kilometer.
 
Sementara pembangunan MORR III tahap tiga telah diselesaikan sepanjang 1,9 kilometer hingga di titik Desa Sea, Kabupaten Minahasa.
 
"Total MORR III tahap satu hingga tahap tiga kami sudah selesai kerjakan sepanjang 4,9 kilometer, sehingga masih ada enam kilometer lebih yang masih akan dibangun," ujarnya.

Baca juga: BPJN Sulut butuh tiga tahun lagi selesaikan MORR III
 
Jika tahap empat dibangun sepanjang 2,9 kilometer, maka pembangunan MORR III tahap lima tinggal menyisakan tiga kilometer lebih.
 
"Pembangunan MORR III tahap empat menggunakan skema kontrak tahun jamak 2025-2026," ujarnya.
 
Pembangunan jalan sepanjang 2,6 kilometer dan jembatan tersebut, kata dia, BPJN Sulut mengalokasikan anggaran sebesar Rp94 miliar.

Baca juga: BPJN Sulut: Percepatan penyelesaian MORR III bergantung lahan
 
BPJN Sulut membangun MORR III yang nantinya terintegrasi dengan MORR I dan MORR II. Ruas jalan ini nantinya akan mengurai kemacetan di Kota Manado karena dapat digunakan sebagai jalur alternatif menuju beberapa kabupaten dan kota tanpa harus masuk Kota Manado.

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024