Jakarta (ANTARA) - Wakil Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Bob Tyasika Ananta mengatakan bahwa literasi dan inklusi perbankan syariah masih menjadi tantangan untuk BSI dalam mengembangkan ekosistem halal di Indonesia.

Bob menyebutkan, survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di tahun 2022, inklusi perbankan syariah masih berada di angka 12,12 persen dan literasi perbankan syariah di angka 9,14 persen. Angka ini jauh tertinggal dibandingkan inklusi dan literasi perbankan secara umum yang masing-masing di angka 85,1 persen dan 49,68 persen.

“Selain itu, ada ketidakcocokan antara supply and demand dalam Islamic financial. Di sisi supply, belum banyak layanan perbankan syariah yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku industri halal. Di sisi permintaan, masih banyak pelaku industri halal yang belum mengetahui produk dan layanan perbankan syariah,” kata Bob melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Pada 20-23 Juni yang lalu, BSI menyelenggarakan International Expo yang salah satunya bertujuan untuk mengintensifkan literasi dan meningkatkan inklusi perbankan dan keuangan syariah.

Melalui rangkaian seminar dan talkshow di acara tersebut, BSI berharap dapat membantu masyarakat meningkat pengetahuan tentang ekosistem syariah mulai dari perbankan syariah, pendidikan, hingga produk-produk halal.

BSI mencatat, expo berskala internasional selama empat hari ini telah dikunjungi oleh lebih dari 52.000 pengunjung dengan nilai transaksi di atas Rp2 triliun atau melampaui dari target.

BSI International Expo 2024 melibatkan tenant peserta dari dalam dan luar negeri, terutama pelaku UMKM, dengan total sebanyak 265 tenant. BSI juga mencatat, business matching dalam acara ini menghasilkan total volume transaksi sebesar Rp290 miliar.

Nominal untuk business matching tersebut diraih melalui jumlah kesepakatan atau NoA (Number of Agreements) sebanyak 63. Adapun negara asal pembeli (buyer) yang melakukan kesepakatan (deal) melalui business matching seperti, Mesir, Saudi Arabia, Filipina, Uni Emirat Arab, dan Lithuania.

Pencapaian bisnis pada sektor pembiayaan industri halal, catat BSI, terdapat kesepakatan senilai Rp1,8 triliun untuk korporasi dalam membangun rantai nilai (value chain) dari hulu ke hilir.

Untuk sektor properti, total volume transaksi mencapai Rp85 miliar dengan 33 jumlah transaksi. Sedangkan sektor otomotif mencatatkan total volume transaksi mencapai Rp21 miliar dengan 63 kesepakatan.

Sektor halal travel juga mencatatkan keberhasilan dengan total volume transaksi Rp14,5 miliar dan 262 kesepakatan. Sektor investasi juga menjadi salah satu yang diminati oleh pengunjung, di Gold Island, dengan akumulasi volume transaksi mencapai Rp1,9 miliar dan 215 kesepakatan.

Baca juga: BSI dan MES luncurkan Program Deposito Wakaf untuk Pekerja Informal
Baca juga: BSI target untuk catatkan "booking fee" properti hingga Rp400 miliar


Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2024