Jakarta (ANTARA) - PT Liga Indonesia Baru (LIB) menaikkan total hadiah untuk kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2024/2025 menjadi Rp7,5 miliar atau naik 50 persen dibandingkan musim kompetisi sebelumnya.

"Untuk total hadiah kalau musim sebelumnya Rp5 miliar, maka kali ini kami naikkan menjadi Rp7,5 miliar," ujar Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus dalam konferensi pers terkait hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2024 di Jakarta, Rabu.

Peningkatan total nilai hadiah dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap klub atau pemain yang berprestasi sekaligus memotivasi mereka untuk terus meningkatkan kualitas dalam berkompetisi.

Ferry menyebutkan penyelenggaraan Liga 1 Indonesia musim 2024/2025 masih menggunakan sponsor utama dari PT Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Kompetisi sepak bola tertinggi di tanah air itu akan mulai bergulir pada 9 Agustus yang diawali dengan duel antara juara Liga 1 musim lalu Persib Bandung melawan klub promosi PSBS Biak.

Sebanyak tiga klub akan berlaga sebagai klub promosi yaitu PSBS Biak, Semen Padang, dan Malut United menggantikan tiga klub yang didegradasi yaitu Persikabo 1973, Bhayangkara FC, dan RANS Nusantara.

Baca juga: LIB terapkan remedial bagi 10 klub Liga 1 belum penuhi standar lisensi

Lebih lanjut, Ferry menjelaskan, pada kompetisi Liga 1 kali ini juga diberlakukan aturan baru terkait jumlah pemain asing yang diizinkan bermain untuk setiap klub, yaitu delapan pemain.

Kuota pemain asing tersebut bertambah dibandingkan dengan kompetisi sebelumnya sebanyak enam pemain.

Pemain asing untuk klub Liga 1 pada musim ini, kata dia, juga bisa didatangkan dari negara apa pun baik dari benua Asia maupun benua lainnya.

Dalam setiap pertandingan, pemain asing yang bisa dimainkan sebanyak enam orang dan hanya bisa digantikan oleh pemain asing lain dalam daftar susunan pemain.

PT LIB juga melakukan pengujian ulang (remedial) bagi klub-klub Liga 1 yang belum lulus standar lisensi sebelum musim kompetisi bergulir sehingga diharapkan klub-klub terus berkembang serta membuat kualitas liga bisa naik kelas.

Baca juga: LIB: Pemain asing untuk klub Liga 1 bisa dari negara apapun
Baca juga: PT LIB tetap gunakan wasit asing di Liga 1 2024/2025

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024