Jakarta (ANTARA) - PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) (Taspen) berupaya untuk meningkatkan penyerapan tenaga kerja asal wilayah Indonesia bagian timur melalui kolaborasi dengan Universitas Cenderawasih (Uncen) untuk membuka kesempatan kerja kepada talenta terbaik setempat.

“Taspen memberikan kesempatan kepada talenta terbaik khusus wilayah Indonesia bagian timur untuk bergabung dengan Taspen. Melalui Universitas Cenderawasih, Taspen melakukan company session dan penerimaan karyawan dengan kandidat yang berasal dari alumni dari universitas tersebut,” kata Corporate Secretary Taspen Pudiastuti Citra Adi di Jakarta, Rabu.

Melalui kerja sama dengan universitas tersebut, pihaknya membuka lowongan pekerjaan kepada pemuda-pemudi setempat untuk mengisi posisi sebagai staf branch office di Jayapura, Papua, dan Manokwari, Papua Barat.

Ia menyampaikan bahwa persyaratan untuk mengikuti proses seleksi ini ialah putra/putri daerah asli wilayah Indonesia bagian timur yang memiliki orang tua asli daerah Papua serta lulus dari Universitas Cenderawasih dengan jurusan Akuntansi, Ekonomi, Hukum, Manajemen, Matematika, Statistika, Sistem Informasi, dan Teknik Sipil.

“Taspen berharap dengan adanya kerja sama dengan universitas terbaik di wilayah Indonesia bagian timur ini, akan didapatkan putra/putri daerah terbaik yang dapat berkontribusi dan mengabdi kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Pudiastuti.

Ia menuturkan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai transformasi bisnis dan berupaya mengoptimalkan kinerja operasional perusahaan melalui digitalisasi untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

Salah satunya adalah dengan menggunakan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (HCIS) yang merupakan sistem terintegrasi untuk menunjang dan mengukur produktivitas kinerja SDM perseroan. Kini tercatat terdapat 1.440 Insan Taspen di seluruh Indonesia.

Pudiastuti mengatakan bahwa berbagai upaya peningkatan serapan dan kualitas SDM yang dilaksanakan oleh perseroan sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir bahwa BUMN harus terus menciptakan lapangan kerja dan memberikan kesempatan kepada milenial untuk memimpin BUMN.

“Taspen terus berkomitmen untuk menyaring SDM yang unggul demi mendorong perkembangan pertumbuhan bisnis perusahaan,” imbuhnya.

Penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Universitas Cenderawasih tentang Pendayagunaan Lulusan dan Seleksi Penerimaan Karyawan serta Company Session PT Taspen (Persero) tersebut dihadiri langsung oleh Human Capital Division Head TASPEN Resi Lora dan Rektor Universitas Cenderawasih Oscar Oswald O. Wambrauw di Jayapura, Papua.

Nantinya, Taspen juga akan bekerja sama dengan Universitas Pattimura untuk menjaring talenta terbaik di wilayah Indonesia bagian timur, khususnya yang berasal dari Ambon, Maluku.

Baca juga: Komisaris Utama Taspen sebut Erick Thohir buat BUMN tumbuh pesat
Baca juga: Taspen raih tiga penghargaan di Digital Technology & Innovation Award

 

Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2024