Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan seluruh wilayah administrasi Jakarta termasuk Kepulauan Seribu berawan pada Kamis siang dan malam nanti.

Pada Kamis pagi, Jakarta Barat diprediksi berawan sementara wilayah Jakarta lainnya berawan tebal, demikian menurut BMKG melalui laman resminya, Rabu malam.

Lalu, pada siang hari seluruh kawasan Jakarta berawan seperti Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat.

Kondisi ini berlanjut hingga malam harinya, seluruh wilayah Jakarta diprediksi berawan dan kemungkinan bertahan hingga dini hari, kecuali Kepulauan Seribu, Jakarta Utara dan Jakarta Pusat yang kemungkinan cerah berawan.

Suhu rata-rata hari ini di Jakarta berkisar antara 23 - 32 derajat Celcius dengan kelembapan udara antara 70 - 100 persen.


Sebelumnya, BMKG berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memodifikasi cuaca Jakarta. Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan sesuai arahan Pj Gubernur, tim melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) di Jakarta, seiring dengan kondisi udara di DKI Jakarta yang sedang memburuk beberapa hari ini.

Sementara di Berdasarkan data situs pemantau kualitas udara IQAir pada pukul 00.43 WIB, indeks kualitas udara (AQI) di Jakarta berada di urutan pertama dengan angka 158 atau masuk dalam kategori tidak sehat.

Kondisi ini menempatkan Kota Jakarta sebagai kota kedua dunia yang memiliki udara yang buruk setelah Kinshasha Kongo dengan nilai 204 atau sangat tidak sehat.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024