Tangerang (ANTARA) - Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang membuka pelatihan kewirausahaan layanan kebersihan (cleaning service) dan Bahasa Inggris gratis dengan kuota masing - masing bidang terbatas.

Kepala Disnaker Kota Tangerang Ujang Hendra Gunawan di Tangerang, Kamis,  mengatakan pendaftaran pelatihan Bahasa Inggris dibuka 26 Juni hingga 2 Juli dengan kuota terbatas 16 orang.

Sedangkan, untuk Pelatihan Kewirausahaan jurusan cleaning service pelatihan akan berlangsung pada tanggal 2 - 4 Juli 2024 di BLK Benda dengan kuota terbatas yaitu 20 orang.

Masyarakat yang berminat dan berdomisili di Kota Tangerang maka dapat melakukan pendaftaran secara online melalui aplikasi Tangerang LIVE pada fitur cakap kerja, pilih Pelatihan Kewirausahaan, klik daftar pada cleaning service.

"Selanjutnya, pendaftar akan mengisi biodata diri tinggal dilengkapi saja,” kata Ujang

Ia berharap, masyarakat Kota Tangerang yang mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan-pelatihan tersebut, dapat menjadi lulusan yang siap kerja atau dapat membuka lapangan pekerjaan baru.

"Sehingga, tingkat pengangguran terbuka di Kota Tangerang dapat terus menurun," katanya.

Sementara itu, angka tingkat pengangguran terbuka pada tahun 2021 terdata 9,07 persen, lalu tahun 2022 di angka 7,16 persen dan tahun 2023 di angka 6,76 persen.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan di era globalisasi yang kompetitif maka setiap pekerja harus meningkatkan kualitas melalui keterampilan yang dimiliki sehingga siap menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompleks

Pemerintah Kota Tangerang telah menyediakan berbagai sarana untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan keterampilan tersebut yang dijalankan Dinas Ketenagakerjaan. Bahkan, kegiatan ini berkolaborasi dengan Apindo, Serikat kerja dan dunia industri dalam percepatan tenaga kerja.

"Tantangan ke depan semakin kompleks. Kita diharap dapat menyiapkan diri dengan berbagai keterampilan sehingga siap menghadapi segala bentuk dinamika yang ada. Pemkot berkomitmen untuk membantu dalam peningkatan keterampilan tersebut," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024