Sorong (ANTARA) - BPJS Kesehatan Cabang Sorong menempatkan petugas BPJS Satu (BPJS Siap Membantu) di fasilitas kesehatan sebagai bagian dari upaya mengoptimalkan layanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Pupung Purnama di Sorong, Kamis, menjelaskan hadirnya petugas BPJS Satu di fasilitas kesehatan di wilayah Sorong untuk memberikan kemudahan bagi peserta JKN yang berada di rumah sakit terkait informasi ataupun kendala yang dihadapi setiap peserta.

Baca juga: Program JKN bantu Nur Hayati lawan kanker serviks
 
"Petugas BPJS Satu hadir di rumah sakit untuk membantu setiap kendala peserta JKN dan sekaligus memberikan edukasi terkait alur pelayanan dan juga informasi terbaru mengenai program JKN," jelas dia.
 
Adanya program layanan BPJS SATU ini merupakan sebuah optimalisasi dari peran petugas pemberian informasi dan penanganan pengaduan (PIPP) di rumah sakit.
 
“Program BPJS Satu merupakan upaya untuk memberikan informasi serta penanganan pengaduan peserta JKN di rumah sakit seperti membantu peserta yang datanya tidak sesuai, kartu tidak aktif, serta kendala lain terkait prosedur pelayanan di fasilitas kesehatan,” kata Pupung
 
Pupung mengatakan, petugas BPJS Satu juga telah berkoordinasi dengan masing-masing penanggungjawab setiap rumah sakit untuk memberikan pelayanan yang maksimal dan sesuai ketentuan.
 
Petugas BPJS Satu yang didampingi oleh petugas penanggungjawab rumah sakit juga melakukan customer visit kepada pasien rawat jalan maupun rawat inap untuk meminta feedback survey kepuasan dari peserta JKN selama mendapatkan pelayanan dari fasilitas kesehatan.
 
“Bagi peserta JKN di wilayah Sorong, yang mengalami kendala di rumah sakit dapat menghubungi petugas BPJS Satu melalui nomor 0811 4850 4242. Kami juga telah menempelkan beberapa poster di rumah sakit mengenai petugas BPJS Satu dan penanggungjawab di setiap rumah sakit agar memudahkan peserta untuk mengenali petugas,” ujar Pupung.

Baca juga: Kejari Tabalong-BPJS Kesehatan Barabai tagih tunggakan iuran JKN
 
Pupung juga mengingatkan kepada peserta JKN untuk terus memanfaatkan layanan kesehatan yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan, salah satunya adalah layanan daring seperti Aplikasi Mobile JKN, pelayanan administrasi melalui Whatsapp (Pandawa) 0811 8 165 165 serta BPJS Kesehatan Care Center 165.
 
“Kami terus menghimbau seluruh peserta JKN untuk lebih aktif memanfaatkan layanan yang telah disediakan untuk mengakses informasi maupun menyampaikan keluhan. Dengan adanya inovasi ini diharapkan proses pelayanan kesehatan menjadi lebih efisien dan peserta merasa lebih nyaman dan terlayani dengan baik,” harap Pupung.
 
Peserta JKN, Absalom Estefanus Imbiri (57) yang sedang dirawat di salah satu rumah sakit di Kota Sorong mengungkapkan pengalaman positifnya setelah menerima kunjungan dan bantuan langsung dari petugas BPJS Satu untuk memastikan kualitas pelayanan yang diterimanya.
 
“Saya sangat terbantu dengan petugas BPJS Satu yang datang mengunjungi saya. Mereka bertanya-tanya mengenai proses pelayanan di sini untuk memastikan saya mendapatkan informasi yang saya butuh dengan cepat," ujar Absalom.
 
Sebagai peserta JKN yang telah merasa puas dengan layanan yang diterimanya, Absalom mengajak masyarakat sebagai peserta JKN untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan dalam mendapatkan layanan dan penanganan kesehatan.
 
"Saya mengajak semua orang untuk tidak ragu-ragu menggunakan fasilitas kesehatan sebagai peserta JKN. Dengan dukungan dari BPJS Kesehatan, kita bisa yakin bahwa hak-hak kesehatan kita akan dilindungi dan diprioritaskan," kata Absalom.

Baca juga: BPJS Kesehatan: Cakupan kepesertaan JKN di Lampung capai 98,77 persen

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Sambas
COPYRIGHT © ANTARA 2024