Jakarta (ANTARA) - Lembaga Kedokteran Gigi (Ladokgi) TNI Angkatan Laut R. E. Martadinata dan Tim Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bidokkes) Polri mengadakan pemeriksaan dan perawatan gigi gratis dalam rangka menyambut HUT Ke-78 Bhayangkara Polri pada 1 Juli.

Dalam siaran resmi yang dikonfirmasi di Jakarta, Kamis, Ladokgi TNI AL R. E. Martadinata mengerahkan dua unit Dental Klino Mobile (mobil yang didesain sebagai klinik) untuk masyarakat di sekitar Kebayoran Lama, Jakarta.

Kepala Departemen Kedokteran Gigi Militer (Kadepdokgimil) Ladokgi TNI AL RE Martadinata Jakarta Kolonel Laut (K) drg. Muh Arifin menjelaskan layanan kesehatan itu berlangsung Rabu (26/6), dan mencakup cabut gigi, tambal gigi, dan pembersihan karang gigi.

“Pasien gigi dan mulut yang dilayani sebanyak 115 orang,” kata Kolonel Arifin disela kegiatan bakti sosial itu.

Terkait acara itu, Kepala Lembaga Kedokteran Gigi TNI AL Laksamana Pertama TNI Dr. drg. Wawan Suridwan menjelaskan keikutsertaan TNI AL dalam acara bakti sosial Polri merupakan wujud sinergitas dua lembaga dalam mengabdikan diri untuk masyarakat. Dia menambahkan Ladokgi TNI AL terlibat dalam kegiatan itu juga untuk ikut menyambut HUT Ke-78 Bhayangkara Polri pada Senin (1/7).

Dalam kegiatan itu, beberapa pejabat hadir, salah satunya Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Karyoto. Dia juga ikut menjajal memeriksa gigi di Dental Klino Mobile dari Ladokgi TNI AL R. E. Martadinata Jakarta.

Beberapa kegiatan bakti sosial digelar oleh kepolisian di berbagai daerah menjelang peringatan HUT Bhayangkara Ke-78. Mabes Polri pada Rabu (26/6) juga menggelar puncak kegiatan bakti sosial kesehatan di Lapangan Karangpawitan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Kegiatan itu dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

“Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian sosial Polri kepada masyarakat khususnya di bidang kesehatan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” kata Kapolri.

Dalam kegiatan itu, Polri memecahkan Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk pelayanan kesehatan penyandang disabilitas terbanyak yang jumlahnya mencapai 10.000 peserta.

Polri menggelar bakti sosial kesehatan sejak 30 Mei—25 Juni 2024 di berbagai daerah. Dalam rentang waktu itu, 3.850 layanan kesehatan gratis digelar, yang mencakup 2.000 pengobatan umum, 300 operasi katarak, 100 pengobatan untuk anak stunting, dan kegiatan lain seperti pengobatan gigi dan vaksinasi polio.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Edy M Yakub
COPYRIGHT © ANTARA 2024