Jakarta (ANTARA) - Timnas Indonesia tergabung pada Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia bersama raksasa Asia Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China setelah undian babak grup selesai digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis.

Putaran ketiga ini dimainkan dengan sistem kandang tandang pada bulan September, Oktober dan November 2024 serta Maret dan Juni 2025.

Indonesia akan memulai perjalanannya dengan tandang melawan Arab Saudi pada 5 September mendatang sebelum lima hari kemudian akan melawan Australia pada laga kandang yang rencananya akan digelar di Surabaya.

Pada Oktober, Indonesia akan memainkan dua laga tandang yaitu melawan Bahrain pada 10 Oktober dan melawan China pada 15 Oktober.

Baca juga: Putaran ketiga, Indonesia satu grup bersama Jepang dan Australia

Setelah dua kali laga tandang, tim Garuda akan memainkan dua laga kandang pada bulan November yaitu melawan raksasa Asia Jepang pada 14 November dan Arab Saudi pada 19 November.

Babak kualifikasi kemudian akan jeda selama empat bulan sebelum kembali dihelat pada bulan Maret 2025 dimana Indonesia akan tandang melawan Socceroos pada 20 Maret dan memainkan laga kandang melawan Bahrain pada 25 Maret.

Pada dua laga terakhir, Merah Putih akan menjamu China pada 5 Juni dan kemudian menutup babak grup dengan tandang melawan Samurai Biru pada 10 Juni.
Pesepakbola Timnas Indonesia Rafael William Struick (tengah) menggiring bola dibayangi pemain Jepang Takehiro Tomiyasu (kanan) saat bertanding pada babak penyisihan grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024). ANTARA FOTO/Yusran Uccang/nz (antara foto/yusran uccang)
Baca juga: Indonesia takluk 1-3 dari Jepang pada laga penutup Grup D Piala Asia

Dua tim teratas dari masing-masing tiga grup (total enam tim) pada putaran ketiga nantinya langsung melaju ke Piala Dunia 2026, yang akan menampilkan total peserta pertama kali dengan diikuti 48 tim dan pertama kali digelar di tiga negara tuan rumah yaitu Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Tim peringkat ketiga dan keempat di setiap grup (total enam tim) dari babak grup putaran ketiga akan melaju ke babak kualifikasi putaran keempat.

Mereka akan dibagi menjadi dua grup yang terdiri dari tiga tim dengan pertandingan yang akan dimainkan pada bulan Oktober dan November 2025 di mana dua negara berikutnya yang merupakan peringkat teratas setiap grup akan mendapatkan tiket kualifikasi otomatis.

Baca juga: Erick: Kemajuan sepak bola dan timnas hasil kolaborasi banyak pihak

Selanjutnya: Jadwal lengkap timnas
Jadwal lengkap timnas Indonesia di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup C:

5 September 2024
Arab Saudi vs Indonesia

10 September 2024
Indonesia vs Australia

10 Oktober 2024
Bahrain vs Indonesia

15 Oktober 2024
China vs Indonesia

14 November 2024
Indonesia vs Jepang

19 November 2024
Indonesia vs Arab Saudi

20 Maret 2025
Australia vs Indonesia

25 Maret 2025
Indonesia vs Bahrain

5 Juni 2025
Indonesia vs China

10 Juni 2025
Jepang vs Indonesia.

Baca juga: Erick Thohir: Mudah-mudahan kita diberi kesempatan ke Piala Dunia 2026

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024