Jakarta (ANTARA) - Perumda Pasar Jaya dan Mister Loo berkolaborasi menghadirkan fasilitas
toilet umum premium berbayar berbasis teknologi (modern) di Pasar Tanah Abang Blok B, Jakarta Pusat.
 
Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Agus Himawan Widiyanto mengatakan fasilitas tersebut  merupakan komitmen jangka panjang Mister Loo untuk meningkatkan standar toilet umum di seluruh Indonesia.
 
"Ini sebagai salah satu upaya Perumda Pasar Jaya bersama Mister Loo untuk meningkatkan pengalaman berbelanja bagi para pengunjung Pasar Tanah Abang Blok B dengan memfasilitasi toilet yang bersih, modern, dan nyaman," kata Agus di Jakarta, Kamis.
 
Agus menjelaskan, setiap fasilitas toilet Mister Loo ini dilengkapi dengan petugas kebersihan dan perlengkapan pendukung seperti tisu toilet, sabun cuci tangan, pewangi ruangan dan tempat sampah. Selain itu, ruangan toilet dirancang dengan desain modern dan kekinian.
 
Hal serupa dikatakan Direktur Properti dan Perpasaran Aristianto bahwa Perumda Pasar Jaya akan terus melakukan pengembangan fasilitas di Pasar Tanah Abang ataupun pasar-pasar lainnya jika memang toilet modern ini terbukti bermanfaat dan efektif.
 
"Kita melihat potensi ke depannya jika ini memberikan manfaat yang positif kepada pedagang dan pembeli, kita akan coba lakukan juga di lokasi lain dengan harapan baik. Jadi ada kemungkinan kita diskusikan lagi untuk pengembangan di lokasi lain," kata Aris.
 
Direktur Properti dan Perpasaran Aristianto (kiri), Country Head Mister Loo Indonesia, Shinta Ardaneswari (dua dari kiri), dan Founder & Co-CEO Mister Loo, Andreas Wanner (ujung kanan) saat peresmian toilet Mister Loo di Pasar Tanah Abang Blok B, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2024). ANTARA/Siti Nurhaliza
Sementara itu, Country Head Mister Loo Indonesia, Shinta Ardaneswari mengaku senang dapat berkontribusi dalam pembangunan dan pengelolaan toilet berkualitas tinggi di Blok B Pasar Tanah Abang.
 
"Kami percaya bahwa dengan adanya peningkatan fasilitas toilet ini tidak hanya akan meningkatkan pengalaman berbelanja tetapi juga menarik lebih banyak pengunjung," kata Shinta.
 
Shinta menjelaskan, toilet yang dibangun ini menghabiskan anggaran sekitar Rp550 juta. Pemilihan tempat di Tanah Abang Blok B karena melihat banyaknya pengunjung bukan hanya dari Indonesia yang datang ke Pasar Tanah Abang.
 
"Pasar ini sangat ramai, pengunjungnya nomor satu belanja tekstil, pastinya pengunjung tidak hanya dari Indonesia, dari seluruh pembeli di Asean kalau saya dengar. Dan memang tujuan kami membangun di tempat umum yang sangat ramai penggunanya. Target sehari ada 700 pengunjung," jelas Shinta.
 
Selain itu, Founder & Co-CEO Mister Loo, Andreas Wanner menyampaikan apresiasi terhadap kerja sama yang dilakukan bersama Perumda Pasar Jaya.
 
"Kami bangga dapat bekerja sama dengan Perumda Pasar Jaya dalam menyediakan fasilitas toilet umum berkualitas di Pasar Tanah Abang Blok B. Kami juga berharap dapat terus memperluas penyediaan fasilitas toilet dengan standar dan kualitas yang sama di pasar-pasar lain yang dikelola oleh Perumda Pasar Jaya," ujar Andreas.
 
Adapun pengunjung yang ingin menggunakan toilet Mister Loo ini bisa melakukan pembayaran menggunakan QRIS atau uang tunai langsung sebesar Rp3.000.
 
Toilet ini sudah dilengkapi teknologi dan fasilitas yang lengkap, dan juga didesain dengan warna yang menarik, memperhatikan estetika sehingga dapat dijadikan lokasi (spot) foto untuk diunggah di media sosial.
Baca juga: Kini Hadir Toilet Modern Mister Loo di Pasar Tanah Abang Blok B
Baca juga: Menhub targetkan pengembangan Stasiun Tanah Abang selesai September
Baca juga: Pemkot Jakarta Pusat sebut Tanah Abang rawan PPKS

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024