Tangerang (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, menggelar bakti sosial melalui kegiatan khitanan massal terhadap 150 anak di sekitar kawasan bandara.

Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta M Holik Muardi melalui keterangan tertulis diterima di Tangerang, Kamis, menyampaikan bahwa kegiatan sosial ini dilakukan sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Pada program ini, katanya, adalah salah satu inisiatif utama bandara untuk mendukung kesejahteraan masyarakat sekitar dengan memberikan layanan kesehatan bagi anak-anak.

"Kegiatan ini melibatkan 150 anak dari 17 kelurahan/desa di wilayah sekitar bandara. Acara berlokasi di ex Gedung GCC Bandara Soekarno-Hatta pada tanggal 27 Juni 2024," ujarnya.

Ia mengatakan, untuk menyelenggarakan kegiatan sosial ini, pihaknya menganggarkan sebesar Rp363 juta untuk memenuhi kebutuhan fasilitas, termasuk uang saku, suvenir, mainan, baju koko, kain sarung, kaos, dan sejumlah snack produk dari UMKM binaan Bandara Soekarno-Hatta.

Guna membantu kelancaran dari kegiatan tersebut, Bandara Soetta melibatkan 10 dokter ahli khitan massal.

"Acara khitanan ini berlangsung dengan penuh keseruan. Di sela-sela menunggu giliran, anak-anak dapat bermain di area play zone yang telah disediakan, membuat suasana semakin ceria dan menyenangkan. Play zone ini dilengkapi dengan berbagai kegiatan menarik seperti melukis, permainan lego, badut sulap, foto dan video 360 bersama robot, serta es krim gratis," kata dia pula.

Dia menambahkan, program khitanan gratis ini juga bekerjasama dengan Yayasan Sosial Dana Mustadhafin, organisasi sosial yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat melalui berbagai program kemanusiaan dan sosial. Yayasan ini berperan aktif dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan di berbagai wilayah di Indonesia.

Selain itu, program ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan, tetapi juga untuk mendukung pengembangan UMKM lokal melalui penyediaan snack produk dari UMKM binaan. Hal ini sejalan dengan upaya Bandara Soekarno-Hatta dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Sosial Dana Mustadhafin atas kerja samanya dalam menyelenggarakan program ini. Kami juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semoga melalui program ini, kita dapat terus memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar Bandara Soekarno-Hatta," ujar Holik pula.
Baca juga: Sambut HUT Jakarta, 175 anak ikuti khitanan massal di Cengkareng
Baca juga: Ratusan anak di Semarang Jateng ikuti khitanan massal BKKBN

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024