Jakarta (ANTARA) - ASUS kembali memboyong laptop terbarunya ke Indonesia yaitu ASUS Vivobook S 14 OLED yang ditenagai dengan kecerdasan artifisial atau artificial intelligence (AI), dibanderol mulai harga Rp13,7 juta.

Sebagai laptop dengan hardware generasi terbaru, Vivobook S 14 OLED juga dibekali berbagai fitur AI yang tak kalah canggih termasuk Copilot.

"Vivobook S 14 OLED merupakan simbol inovasi terkini ASUS dalam menggabungkan kecanggihan teknologi ke dalam desain yang ringkas serta elegan. Laptop ini bukan sekadar sebuah alat, tetapi juga merupakan bagian dari gaya hidup modern," ujar ASUS Southeast Asia Regional Director Jimmy Lin dalam perilisan laptop ini di Jakarta, Kamis.

Baca juga: ASUS ungkap jajaran laptop "gaming" yang bakal meluncur di 2024

Di pasar Indonesia laptop ini ditawarkan dengan tiga pilihan prosesor yaitu Intel Core Ultra 7 Processor 155H untuk nomor seri S5406MA-OLEDS713/OLEDS714, lalu ada juga yang ditenagai AMD Ryzen 7 8845HS untuk nomor seri M5406UA-OLEDS752, dan yang terakhir ialah nomor seri M5406NA-OLEDS552 dengan prosesor AMD Ryzen 5 7535HS.

Prosesor-prosesor generasi terbaru itu memungkinkan laptop ini bisa memiliki performa optimal bahkan saat mengerjakan tugas yang berat sekalipun berkat kemampuan TDP (Thermal Design Power) hingga 50W.

Selain hadir dalam tiga pilihan prosesor yang bisa dipilih sesuai preferensi pengguna, laptop ini hadir dengan keunggulannya sebagai laptop yang ringan dan tipis.

Dengan bobot 1,3 kilogram dan ketebalan hanya 1,39 centimeter membuat laptop ini aksesibel untuk digunakan pengguna bermobilisasi dari satu tempat ke tempat lainnya.

Baca juga: ASUS ROG umumkan laptop OLED pertamanya dengan "Variable Refresh Rate"
 
Tampilan ASUS Vivobook S 14 OLED yang dirilis ASUS sebagai laptop AI terbarunya di Indonesia dan dijual mulai dari Rp13,7 juta. Foto ini diambil dalam perilisannya di Jakarta, Kamis (27/6/2024). (ANTARA/Livia Kristianti)


Baca juga: Ini sejumlah keunggulan layar OLED pada laptop ASUS

Menggunakan teknologi layar ASUS Lumina OLED, membuat laptop ini dapat dijadikan pusat hiburan karena menawarkan visual yang jernih dengan rasio 16:10 beresolusi 1920x1200.

Membahas sistem operasi, laptop ASUS Vivobook S 14 OLED telah dibekali dengan Windows 11 yang didukung dengan fitur AI Copilot yang juga besutan Microsoft.

Kinerja AI yang mumpuni bisa diraih Vivobook S 14 OLED karena dilengkapi Neural Processing Unit (NPU) yang terintegrasi, memungkinkan laptop untuk menjalankan tugas-tugas yang berbasis AI dengan lebih efisien, memberikan pengalaman pengguna yang mulus dan responsif.

Dengan hadirnya Copilot sebagai asisten cerdas berbasis AI, maka pengguna bisa lebih mudah mendapatkan jawaban dan inspirasi dari seluruh penjuru internet baik untuk membantu pengguna menyelesaikan tugas-tugas maupun mengembangkan kreativitas.

Agar lebih mudah mengakses Copilot, laptop ini telah diperkaya dengan tombol khusus yang langsung mengarahkan pengguna ke layanan AI itu.

Berbagai fitur cerdas bisa didapatkan dengan sekali tekan dari pengeditan gambar yang dipercepat, hingga pengorganisasian file dengan cara yang lebih intuitif bisa dengan mudah diraih.

Fitur menarik lainnya yang dihadirkan dalam laptop ini ialah dukungan audio yang dirancang oleh ahlinya yakni Harman Kardon, membuat pengalaman audio bagi pengguna terasa sangat menyenangkan.

Baca juga: ASUS luncurkan laptop paling tipis dan ringan di dunia
 
ASUS AI Enthusiast Eca Aura, ASUS APAC General Manager Peter Chang, ASUS Southeast Asia Regional Director Jimmy Lin dan ASUS AI Practicioner Agus Leo Halim di dalam perilisan ASUS Vivobook S 14 OLED di Jakarta, Kamis (27/6/2024). (ANTARA/Livia Kristianti)


Untuk memorinya, laptop ini tersedia dalam dua pilihan yang pertama dengan memori internal 1 TB dengan RAM 16 GB untuk nomor seri S5406, sedangkan pilihan lainnya dengan memori internal 512 GB dengan RAM 16 GB untuk nomor seri M5406UA dan M5406NA.

Dari sisi daya, laptop ini diklaim memiliki baterai yang tahan hingga 16 jam penggunaan dengan kapasitas 75 WH dengan demikian pengguna bisa memakai laptop ini untuk bekerja seharian.

Lalu dari segi konektivitas, perangkat ini dilengkapi teknologi WiFi 6E dan Bluetooth 5.3. Adapun untuk laptop Vivobook S 14 OLED dengan nomor seri M5406NA dibanderol seharga Rp13.799.000, lalu untuk seri M5406UA dibanderol seharga Rp15.799.000, dan S5406MA dihargai senilai Rp18.299.000,

Setiap pembeli nantinya akan mendapatkan dua tahun garansi global dan satu tahun ASUS Perfect Warranty.

Baca juga: Asus hadirkan enam laptop "gaming" tercanggihnya di Indonesia

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2024