Kabupaten Bandung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, Jawa Barat, melalui Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Raharja meraih tiga penghargaan sekaligus dari Pemerintah Australia.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Direktur PDAM Tirta Raharja yang sudah memperlihatkan kinerja yang baik, sehingga bisa menerima tiga penghargaan dan hibah dari Australia," kata Bupati Bandung Dadang Supriatna, di Bandung, Kamis.

Dadang menjelaskan ketiga penghargaan tersebut, yaitu PDAM Tirta Raharja mendapatkan juara satu perolehan nilai hibah tertinggi dari Pemerintah Australia dalam program Hibah Air Minum Berbasis Kinerja (HAMBK).

Selain itu, Pemkab Bandung juga meraih dua penghargaan lainnya, yaitu sebagai juara umum tiga dalam komitmen pemda atas pelaksanaan program, keterlibatan direksi, keaktifan tim, dan pencapaian kinerja kuantitatif.

Selanjutnya, Pemkab Bandung dan PDAM Tirta Raharja juga berhasil meraih penghargaan sebagai PDAM dengan kinerja terbaik di Indonesia.
Baca juga: Kualitas air Sungai Citarum terus meningkat

Dia mengaku sangat bangga, karena salah satu BUMD Pemkab Bandung tersebut juga dinobatkan sebagai salah satu proyek percontohan oleh Pemerintah Australia dengan meraih PDAM dengan kinerja terbaik.

"Ini apresiasi yang sangat luar biasa dan semoga menjadi motivasi untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Bandung. Selamat untuk PDAM Tirta Raharja," katanya pula.

Lebih lanjut, karena kinerjanya yang baik, Perumda Tirta Raharja Kabupaten Bandung telah menerima dana hibah dari Pemerintah Australia selama empat tahun berturut-turut.

Bahkan khusus untuk tahun 2024, kata dia lagi, hibah Pemerintah Australia untuk Perumda PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung mencapai Rp10,2 miliar. Hibah itu merupakan hibah terbesar yang diberikan Australia bagi PDAM di Indonesia.

"Alhamdulillah, kami sudah empat tahun berturut-turut mendapatkan bantuan hibah dari Kedubes Australia. Total selama tiga tahun mencapai Rp13,1 miliar. Khusus tahun ini besarnya Rp10,2 miliar," kata dia lagi.

Direktur Utama PDAM Tirta Raharja Teddy Setiabudi mengucapkan terima kasih atas dukungan luar biasa dari Bupati Dadang Supriatna yang selama ini senantiasa mendukung baik dari sisi pembiayaan, kinerja dan dukungan lainnya.

"Alhamdulillah berkat dukungan Pak Bupati, PDAM Tirta Raharja bisa seperti saat ini. Alhamdulillah kami mendapatkan tiga penghargaan hari ini dan dijadikan proyek percontohan,” kata Teddy.
Baca juga: Penyesuaian tarif air minum diminta perhatikan aspek pelanggan
Baca juga: Warga Kabupaten Bandung-Cimahi diimbau tampung air hadapi kemarau


Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024