Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang ekonomi terjadi pada Kamis (27/6/2024) mulai dari realisasi penerimaan pajak Rp760,38 triliun hingga Mei 2024 sampai peresmian smelter tembaga Freeport di Gresik.

Berikut sajian berita bidang ekonomi yang dirangkum LKBN ANTARA.


Menkeu: Realisasi penerimaan pajak Rp760,38 triliun hingga Mei 2024

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan realisasi penerimaan pajak hingga Mei 2024 mencapai Rp760,38 triliun, setara 38,23 persen dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024.

“Pajak kita hingga Mei telah terkumpul Rp760,38 triliun,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa yang dipantau secara daring di Jakarta, Kamis (27/6).

Selengkapnya baca di sini.


Menparekraf jalin koordinasi untuk turunkan harga tiket pesawat

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pihaknya telah menjalin koordinasi dengan kementerian terkait untuk menurunkan harga tiket pesawat domestik.

"Koordinasi antara Kemenparekraf, Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, dan maskapai penerbangan untuk menurunkan harga tiket pesawat," ujar Sandiaga kepada ANTARA di Jakarta, Kamis (27/6).

Selengkapnya baca di sini.


Garuda Indonesia sebut ada penyesuaian jadwal pemulangan jamaah haji

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyampaikan terdapat penyesuaian jadwal dan slot 46 kloter penerbangan pemulangan jamaah haji asal Indonesia yang disebabkan oleh keterbatasan slot di bandara Arab Saudi.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan Garuda Indonesia terus meningkatkan koordinasi intensif bersama berbagai stakeholder penerbangan Haji, khususnya otoritas bandara Arab Saudi dan Kementerian Agama, untuk memastikan kelancaran operasional fase pemulangan jamaah Haji 2024 sebagai langkah mitigasi terhadap keterbatasan slot penerbangan di bandara Arab Saudi.

Selengkapnya baca di sini.


Pemerintah menyalurkan subsidi energi Rp56,9 triliun hingga Mei

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyalurkan subsidi energi senilai Rp56,9 triliun hingga 31 Mei 2024.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers APBN KiTa yang dipantau secara daring di Jakarta, Kamis (27/6), menjelaskan subsidi itu disalurkan untuk bahan bakar minyak (BBM), LPG 3 kilogram, dan listrik bersubsidi.

Selengkapnya baca di sini.


Pemerintah resmikan smelter tembaga Freeport di Gresik

Pemerintah meresmikan smelter tembaga milik PT Freeport Indonesia (PTFI), yakni Smelter Manyar, di Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) Gresik, Jawa Timur, Kamis, dengan kapasitas input 1,7 juta ton konsentrat tembaga.

“Puji syukur kita bisa hadir menyaksikan pabrik yang luar biasa, dapat terbangun dalam waktu 30 bulan sejak dilakukan groundbreaking oleh Presiden Joko Widodo,” ujar Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara “Peresmian Operasi Smelter Gresik”, yang dipantau secara daring dari Jakarta, Kamis (27/6).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024