Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menyepakati pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI pada 16 Agustus 2024 digelar seperti biasanya di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah usai menggelar rapat internal bersama Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat.

"Kita bicarakan tentang hal itu, Presiden bersama DPR sepakat akan menghadiri sidang tahunan MPR pada tanggal 16 Agustus 2024 di gedung DPR/MPR RI, yang proses atau metode persidangannya telah diputuskan sama dengan sidang tahunan MPR di tahun-tahun sebelumnya," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi diskusikan rangkaian HUT Ke-79 RI dengan pimpinan MPR

Ia mengatakan Sidang Tahunan MPR RI yang rutin diselenggarakan menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI berisi tentang laporan pimpinan lembaga-lembaga negara yang bersifat konstitusional.

Laporan terkait capaian kinerja eksekutif itu akan diwakili Presiden Jokowi selaku Kepala Negara kepada jajaran legislatif untuk disampaikan MPR RI.

"Sesuai dengan tata tertib, MPR melaksanakan sidang tahunan MPR yang akan mendengarkan hal itu," katanya.

Baca juga: Presiden ungkap alasan upacara HUT Ke-79 RI digelar di IKN dan Jakarta

Sementara, agenda Upacara HUT Ke-79 RI tahun ini disepakati digelar di dua lokasi, yakni di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, dan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Dalam pertemuan konsultasi tersebut hadir Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, beserta delapan Wakil Ketua MPR RI, yakni Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, Jazilul Fawaid, Sjarifuddin Hasan, Muhammad Hidayat Nur Wahid, Yandri Susanto, Muhammad Amir Uskara, dan Fadel Muhammad, serta Sekretaris Jenderal MPR RI Siti Fauziah.

Sementara itu, hadir mendampingi Presiden Jokowi yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Baca juga: PUPR kebut pembangunan IKN agar siap sebelum Upacara HUT RI
Baca juga: Menteri PUPR targetkan pembangunan Memorial Park IKN tuntas 16 Agustus
Baca juga: 76 dari 153.000 pelajar lolos seleksi Paskibraka untuk bertugas di IKN

 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2024