Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) siap menjalin kerja sama dengan Oklahoma State University (OSU), Amerika Serikat, dan menyatakan kesiapan untuk menjalankan One Health System (Sistem Satu Sehat).

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset UI Dedi Priadi di Kampus UI Depok, Jumat, mengatakan kolaborasi antara UI dan OSU sangat mungkin direalisasikan karena keduanya memiliki fokus yang sama, terutama terkait kesehatan dan lingkungan.

UI tidak hanya menghadirkan lingkungan kampus yang sehat, kata dia, tetapi juga menginisiasi UI GreenMetric yang mengajak universitas di seluruh dunia untuk terlibat dalam pelestarian lingkungan.

Baca juga: UI-Universitas Fudan teken kerja sama penelitian, inovasi kesehatan

“Selain dinobatkan sebagai The Most Sustainable Universities dan berada di peringkat 24 dunia pada UI GreenMetric World University Rankings 2023, UI juga memperoleh 5 Star pada Healthy University Rating System (HURS) 2022. Ini sekaligus membuktikan komitmen UI dalam mengelola system and infrastructure, zero tolerance areas, dan health promotion areas di lingkungan kampus,” ucapnya.

Upaya UI tersebut sejalan dengan yang dilakukan  OSU. Associate Provost and Dean of OSU Global Randy Kluver menuturkan OSU merupakan kampus yang sangat mementingkan pembangunan berkelanjutan.  Dalam beberapa tahun terakhir OSU menempati posisi teratas di antara kampus-kampus AS capaian tujuan pembangunan berkelanjutan, khususnya untuk indikator zero hunger dan partnership for the goals.

Melalui sinergi keduanya, Randy berharap UI dan OSU mampu bersama-sama menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang lingkungan yang lestari.

Baca juga: UI dan University of Miyazaki kerja sama bidang kesehatan

“Kami mengapresiasi UI yang berinovasi dalam menjaga lingkungan melalui UI GreenMetric yang akan segera rilis untuk pemeringkatan tahun 2024. Sepertinya kami juga harus membangun enam danau buatan, supaya menjadi juara dalam pemeringkatan UI GreenMetric bulan depan,” ujarnya.

Selain isu lingkungan, isu kesehatan juga dibahas dalam diskusi. President of OSU Center for Health Sciences Johnny Stephens menjelaskan Sistem Satu Sehat yang diinisiasi oleh OSU dan muncul pada masa Pemerintahan Donald Trump. Sistem tersebut layanan kesehatan secara menyeluruh di AS, terutama untuk daerah pedesaan.

OSU yang berlokasi di sekitar Stillwater, Oklahoma berperan aktif dalam pelaksanaan kebijakan tersebut, karena berada di kawasan rural dengan penduduk tidak lebih dari 50.000 jiwa.

Koordinator Kantor Urusan Internasional (KUI) Fakultas Kedokteran (FK) UI Indah Susanti menyatakan siap berkolaborasi dalam mewujudkan Sistem Satu Sehat tersebut.

Baca juga: Kementerian Lingkungan-UI jalin kerja sama penelitian

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024