Seoul (ANTARA) - Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol berencana bertemu dengan Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat Avril Haines pada Jumat, menurut beberapa sumber, di tengah kekhawatiran yang meningkat atas perjanjian militer antara Rusia dengan Korea Utara.

Selama pertemuan di kantor Yoon, kedua pihak kemungkinan besar akan saling bertukar pandangan mengenai kesepakatan kemitraan strategis komprehensif antara pemimpin Korut Kim Jong Un dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan membahas upaya bersama untuk menanggulangi hubungan militer Pyongyang-Moskow yang berkembang.

Yoon dan Haines juga dapat mendiskusikan kemungkinan Korsel memasok senjata ke Kiev, dimana Seoul sebelumnya mengatakan akan mempertimbangkan kembali larangan menyediakan senjata mematikan ke Ukraina setelah penandatanganan pakta militer antara Kim dan Putin.

Pekan lalu, Putin mengadakan kunjungan tak biasa ke Pyongyang dan menandatangani perjanjian militer dengan Kim yang menawarkan bantuan militer segera jika salah satu dari mereka mendapat serangan, membuat otoritas Korsel dan AS waspada.


Sumber: Yonhap-OANA
Baca juga: AS, Korea Selatan, Jepang kutuk kerja sama militer Moskow-Pyongyang
Baca juga: Kapal perang AS tiba di Korsel setelah pakta keamanan baru Korut-Rusia
Baca juga: Kremlin: Kunjungan Putin ke Korut dan Vietnam intens serta produktif

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2024