Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyerahkan bantuan sosial (bansos) Sembako Sleman untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat (Semangat) kepada 1.720 keluarga kurang mampu yang ada di wilayah itu.

Bansos Semangat tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Jumat.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sleman Mustadi mengatakan bahwa bantuan sosial ini diberikan kepada 1.720 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berasal dari seluruh kalurahan (setingkat desa) di Kabupaten Sleman.

Baca juga: Pemkab Sleman beri bantuan warga korban longsor

"Bantuan sosial Semangat ini diberikan dalam bentuk sembako senilai Rp150 ribu per orang, selama 12 bulan," katanya.

Menurut dia, bantuan sosial ini dilatarbelakangi oleh masih terdapatnya keluarga miskin dan rentan miskin yang belum mendapatkan bantuan sosial baik Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Program Sembako, maupun Program Permakanan untuk Lansia.

Baca juga: Pemkab Sleman beri bantuan warga terdampak bencana

"Sasaran dari program bantuan ini adalah warga Sleman kategori miskin dan rawan miskin yang selama ini belum mendapat bantuan sosial dari program pemerintah pusat dan daerah," katanya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo berharap bantuan sosial Semangat ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh penerima manfaat dan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin atau rentan miskin di Kabupaten Sleman.

Baca juga: Sleman distribusikan bantuan BNPB untuk relawan kebencanaan Merapi

"Saya juga berpesan agar pendidikan anak-anak tetap diutamakan. Dengan pendidikan yang baik, diharapkan bisa mengantarkan anak-anak kita ke masa depan yang lebih baik," katanya.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024