Jakarta (ANTARA) - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melakukan ekspansi bisnis melalui konsorsium PT Karya Logistik Nusantara (KLN) yang merupakan bagian dari konsorsium BUMN Karya untuk memasok beton, keseluruhan bahan baku, dan pengelolaan logistik dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Ekspansi yang dilakukan SIG melalui konsorsium KLN dilakukan dengan penyertaan modal senilai Rp22,5 miliar ke KLN melalui skema right issue yang dilakukan oleh KLN.

“Dengan demikian, SIG masuk dalam jajaran pemegang saham KLN dengan porsi kepemilikan saham sebesar 20,9 persen dan memperkuat posisi perusahaan untuk memasok produk bahan bangunan dan solusi berkelanjutan untuk proyek pembangunan di IKN,” ujar Direktur Utama (Dirut) SIG Donny Arsal dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Partisipasi SIG dalam right issue ini disebut sebagai tindak lanjut dari upaya membangun ekosistem berbasis sinergi untuk bisnis yang berkelanjutan.

Melalui kepemilikan saham di KLN, lanjutnya, SIG memperkuat posisi untuk memasok produk bahan bangunan dan solusi berkelanjutan dalam pembangunan IKN.

Dia menegaskan bahwa upaya ini wujud komitmen kuat SIG untuk mendorong perwujudan konstruksi berkelanjutan melalui aplikasi produk dan solusi ramah lingkungan, seperti konsep pembangunan IKN yang akan menjadi percontohan kota berkelanjutan di Indonesia.

“SIG memiliki produk bahan bangunan ramah lingkungan dan solusi-solusi inovatif yang sesuai untuk membangun konstruksi yang berdaya tahan dan rendah emisi karbon,” ungkap Donny.

Penyertaan modal SIG ke KLN ditandai dengan penandatanganan Amandemen dan Pernyataan Kembali Perjanjian Antar Pemegang Saham KLN oleh Dirut SIG Donny Arsal, Dirut KLN Fery Hendriyanto, beserta enam pemegang saham KLN.

Jajaran pemegang saham itu terdiri dari Dirut PT Hutama Karya (Persero) Budi Harto, Dirut PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Agung Budi Waskito, Dirut PT Adhi Karya (Persero) Tbk Entus Asnawi Mukhson, Dirut PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk Novel Arsyad, Dirut PT Brantas Abipraya (Persero) Sugeng Rochadi, dan Dirut PT Nindya Karya Moeharmein Zein Chaniago.

Sebagai perwakilan pemegang saham, Budi Harto menyambut baik keterlibatan SIG yang diharapkan dapat memperkuat kapabilitas KLN dalam melaksanakan pembangunan di IKN.

”KLN memiliki fokus untuk memenuhi kebutuhan proyek-proyek pemerintah, termasuk konsolidasi seluruh bahan baku dan pengelolaan logistik yang mendukung efisiensi rantai pasok. Bergabungnya SIG akan mendukung KLN untuk berkontribusi secara signifikan dalam pembangunan IKN,” kata Budi.

Keterlibatan SIG ke KLN merupakan kelanjutan dari upaya SIG mendukung IKN pasca menjalin kerja sama dengan PT Bina Karya (Persero) dalam penyediaan solusi bahan bangunan, termasuk produk berbahan dasar semen, green cement, produk turunan semen, dan bahan bangunan.

Baca juga: SIG siap penuhi kebutuhan pembangunan IKN dengan konsep keberlanjutan
Baca juga: SIG dan Bina Karya kerja sama penyediaan "green cement" untuk IKN
Baca juga: Kolaborasi SIG dan YDBA tingkatkan TKDN suku cadang

 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2024