Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengajak dunia usaha menyerap kompetensi dan meningkatkan kemampuan atau skill calon pekerja lewat program magang.

"Penyiapan skill dan kompetensi itu tidak bisa hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah, tetapi juga dunia usaha dan dunia industri," kata Ida dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.   

Ida mengemukakan hal tersebut saat mengunjungi BCA Learning Institute (BLI) di Sentul, Bogor, Jawa Barat dalam rangka mengapresiasi dan memantau secara langsung program magang yang diselenggarakan institut tersebut.

"Kunjungan ini juga merupakan kesempatan bagi kami untuk melihat secara langsung bagaimana proses pemagangan yang dilaksanakan di BLI BCA," ujar dia.  

Ida mengemukakan, Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan ketenagakerjaan, di antaranya bonus demografi, ketidakcocokan sumber daya manusia (SDM) dengan lowongan kerja yang tersedia, serta perkembangan industri di era digital.

"Berbagai tantangan tersebut tidak akan terselesaikan melalui kerja pemerintah semata. Oleh karena itu, kami mengajak dunia usaha dan dunia industri untuk terlibat aktif meningkatkan kompetensi SDM Indonesia melalui program pemagangan," ucapnya.

Menurut Ida, program pemagangan harus terus digalakkan di industri-industri karena pemagangan sangat tepat untuk meningkatkan keterampilan, baik bagi pekerja atau buruh yang sudah bekerja, maupun bagi calon tenaga kerja.

Ia juga mengutarakan, program pemagangan dapat memfasilitasi transisi dari pendidikan vokasi ke pekerjaan, mencocokkan keterampilan dengan kebutuhan pasar kerja, meningkatkan kompetensi tenaga kerja, serta menghemat biaya rekrutmen dan pelatihan ulang.

"Jadi, tujuan utama dari program pemagangan ini adalah untuk menjadikan peserta terampil, berpengalaman, dan siap bekerja maupun berwirausaha," tuturnya.

Baca juga: Mahasiswa FIP UNG ikut program magang internasional bersertifikat
Baca juga: Kemendikbudristek tegaskan ferien job di Jerman bukan program MBKM
Baca juga: Kemnaker: Program pemagangan upaya siapkan tenaga kerja kompeten

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2024