Medan (ANTARA) - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan Rumah Sakit (RS) Haji Adam Malik di Medan ke depan harus bisa menjadi pengampu operasi jantung pada anak di Sumatera Utara (Sumut) sampai Aceh.

"Saya kasih tugas lagi ke Dirut RS Adam Malik, rumah sakit ini harus mengampu di seluruh kabupaten dan kota di Sumut ini termasuk Aceh," ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin di RS Haji Adam Malik, Medan, Sumatera Utara, Jumat.

Misalkan saja ada keluarga di Nias yang sakit, kata Menkes, tidak harus ke Medan, bisa dilakukan ke daerah setempat untuk melakukan perawatan medis.

Baca juga: Menkes: Kerja sama dengan Saudi percepat operasi jantung pada anak

Oleh karena itu Menkes mengatakan Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni tidak lagi segan untuk meminta pihak RS Adam Malik menjadi pengampu dalam mendidik tenaga medis di setiap rumah sakit daerah tersebut.

Disamping itu guna mempercepat peningkatan kemampuan operasi bedah jantung anak di RS Adam Malik, Menkes Budi meminta kepada pihak Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita, Jakarta, agar memastikan semua rumah sakit di provinsi bisa menjadi pengampu.

Selain itu untuk meningkatkan kemampuan dokter Indonesia dalam operasi jantung pada anak, pihaknya juga melakukan kerja sama bukan hanya kepada satu negara saja, melainkan beberapa negara.

Baca juga: Menkes ingin RS rujukan nasional jadi pengampu di daerah

"Kerja sama dengan negara lain ini, selain membawa dokter untuk penanganan medis dalam menyelamatkan nyawa, juga mendidik dokter-dokter kita," tutur Menkes Budi.

Untuk menunjang itu Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kata da, terus melakukan peningkatan alat-alat medis di rumah sakit kabupaten dan kota di Indonesia, terutama penyakit yang menyebabkan pasien meninggal paling banyak, seperti stroke, jantung, dan ginjal.

Sebelumnya RS Adam Malik melakukan kerja sama operasi jantung dengan King Salman Relief, Arab Saudi, yang menargetkan penanganan 23 kasus penyakit jantung.

Baca juga: RS Adam Malik-Arab Saudi targetkan sesi dua tangani 23 kasus jantung
Baca juga: RSUP Adam Malik dan Arab Saudi kerja sama operasi jantung

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024