Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 43 prajurit terpilih dari Korps Marinir TNI Angkatan Laut mengikuti rangkaian latihan peperangan kota di Hawaii, Amerika Serikat, bersama pasukan Marinir negara-negara peserta Latihan Bersama Rim of Pacific (Latma Rimpac) 2024.

Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut dalam siaran resminya yang dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, menjelaskan Komandan Unit Marinir TNI AL Satgas Latma Rimpac 2024 Mayor Marinir Lukman Susanto bersama Komandan Satgas Latma Rimpac 2024 Kolonel Laut (P) Adam Tjahja S sejak Kamis (27/6) telah mengikuti sesi orientasi yang dipimpin oleh Komandan Satgas Gabungan Latma Rimpac 2024 Laksamana Madya John Wade di Pearl Harbour, Hawaii.

Dalam pengarahannya itu, Wade, yang merupakan perwira tinggi Angkatan Laut AS, menjelaskan pasukan Marinir dari negara-negara peserta Latma Rimpac 2024 bakal menjalani rangkaian latihan di darat dan daerah pesisir, yang di antaranya mencakup latihan patroli tanpa perlindungan dan latihan pertempuran kota (MOUT).

Kemudian, pasukan Marinir juga bakal latihan meminta bantuan tembakan (call for fire), latihan taktik serangan udara, latihan bertahan hidup di dalam hutan, latihan menghadapi ancaman senjata kimia, biologi, radiologi, dan nuklir, latihan merawat prajurit saat tempur (TCCC).

Latihan lainnya yang diikuti pasukan Marinir, yaitu terkait senjata pesawat nirawak (drone) tempur dan latihan penyelamatan bawah air.

Dalam rangkaian latihan itu, prajurit TNI AL dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) juga akan ikut terlibat sebagai peserta.

Latma Rimpac merupakan latihan yang rutin digelar tiap dua tahun sekali oleh Komando Indo-Pasifik Angkatan Laut AS. Latihan itu sejauh ini masih menjadi latihan militer terbesar di dunia yang digelar oleh Angkatan Bersenjata AS.

Untuk Latma Rimpac 2024, TNI AL tidak hanya mengirim pasukan Marinir dan Kopaska, tetapi juga kapal perang KRI Raden Eddy Martadinata-331 yang mengangkut 128 pengawak/kru kapal, lima personel staf latihan, dan tujuh personel dari Kopaska.

KRI R. E. Martadinata-331, yang merupakan kapal perang dari Komando Armada II TNI Angkatan Laut, berlayar meninggalkan markasnya di Surabaya menuju Hawaii sejak 31 Mei 2024 dengan rute Surabaya-Bitung-Guam-Hawaii. Sementara itu, untuk pasukan Marinir berangkat ke Hawaii, AS menggunakan pesawat dari Jakarta pada Selasa (25/6).

Prajurit-prajurit TNI AL itu bakal mengikuti rangkaian Latma Rimpac 2024 di Pearl Harbour, Hawaii, pada 27 Juni–2 Agustus 2024.

Latma Rimpac 2024 diikuti total 29 negara, yaitu AS sebagai tuan rumah, Indonesia, Australia, Belgia, Brazil, Brunei Darussalam, Kanada, Chile, Kolombia, Denmark, Ekuador, dan Prancis.

Kemudian, ada juga Jerman, India, Italia, Jepang, Malaysia, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Peru, Korea Selatan, Filipina, Singapura, Sri Langka, Thailand, Tonga, Inggris, dan Israel.

Latihan itu melibatkan 40 kapal perang permukaan, tiga kapal selam, pasukan Marinir dari 14 negara, 150 pesawat, dan total 25.000 lebih prajurit dari angkatan laut berbagai negara.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2024