Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) memberikan dukungan subsidi angkutan untuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba di Sumatera Utara, guna memperkuat aksesibilitas di kawasan objek wisata tersebut.

"Subsidi angkutan ini bertujuan untuk memperkuat konektivitas dan aksesibilitas ke destinasi wisata tersebut," kata Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Sumatera Utara Dadan M. Ramdan dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Dadan menyampaikan dengan adanya subsidi angkutan KSPN, diharapkan dapat memudahkan wisatawan dalam perjalanan serta mendukung pengembangan pariwisata lokal.

Dia menyebutkan subsidi yang diberikan mencakup angkutan KSPN seperti bus yang dioperasikan secara khusus untuk melayani rute-rute ke Danau Toba.

"Terdapat tiga rute yang disubsidi diantaranya rute Pelabuhan Ajibata-Bandara Silangit, rute Pelabuhan Ajibata-Stasiun Pematangsiantar dan rute Pakkat-Bandara Silangit," kata Dadan.

Dadan menegaskan pada tahun 2024 ini terdapat anggaran subsidi sebesar Rp2.687.296.670 untuk ketiga rute tersebut yang akan dilaksanakan oleh Perum Damri sebagai operator pelaksana.

"Saat ini untuk mengetahui informasi seputar angkutan KSPN, Ditjen Perhubungan Darat juga telah menyediakan fitur Tracking Bus KSPN yang tersedia dalam aplikasi MitraDarat dan dapat diunduh di Play Store dan App Store," ujar Dadan.

Sementara itu, Manager Usaha Perum Damri Cabang Medan Hakam Fikril Amarullah mengungkapkan bahwa Damri memiliki peranan penting dalam menyediakan layanan yang terbaik untuk memudahkan perjalanan bagi masyarakat yang berkunjung di Danau Toba.

Perum Damri mencatat total penumpang periode Januari-Mei 2024 mencapai 2597 orang dengan rute favorit yaitu Pelabuhan Ajibata-Pematang Siantar.

Dia menyebutkan jadwal operasional angkutan KSPN Danau Toba, pertama Pelabuhan Ajibata-Bandara Silangit dengan tarif Rp9.600. Keberangkatan dari Pelabuhan Ajibata pukul 06.00 WIB, 11.00 WIB, dan 16.00 WIB. Sedangkan, keberangkatan dari Bandara Silangit pukul 08.30 WIB, 13.30 WIB, dan 18.30 WIB.

Kedua, Pelabuhan Ajibata-Pematangsiantar dengan tarif Rp6.100. Keberangkatan dari Pelabuhan Ajibata pukul 06.00 WIB, 10.00 WIB, dan 14.00 WIB. Sementara, keberangkatan dari Pematangsiantar pukul 08.00 WIB, 12.00 WIB, dan 16.00 WIB.

Ketiga, Pakkat-Bandara Silangit dengan tarif Rp9.700. Keberangkatan dari Pakkat pukul 06.00 WIB dan 13.30 WIB. Sedangkan, keberangkatan dari Bandara Silangit pukul 09.30 WIB dan 17.30 WIB.

"Dengan adanya subsidi angkutan KSPN, pemerintah menunjukkan kehadirannya dalam mendukung sektor pariwisata guna mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan memperbaiki kesejahteraan masyarakat di kawasan Danau Toba," kata Hakam.

Baca juga: Damri layani angkutan pariwisata kawasan Danau Toba
Baca juga: Kemenhub targetkan rehabilitasi 29 pelabuhan penyeberangan pada 2022
Baca juga: Menhub dorong kolaborasi angkutan sungai dan danau yang berkeselamatan


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2024